Dompet Dhuafa gandeng TK Khalifah Makassar mengenal dini hewan kurban

id Dpmpet Dhuafa, TK Khalifah Makassar III, pengenal hewan kurban

Dompet Dhuafa gandeng TK Khalifah Makassar mengenal dini hewan kurban

Puluhan siswa TK IT Khalifah Makassar III mengunjungi kampung ternak Dompet Dhuafa di Macanda, Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (07/08/2019). ANTARA Foto/ SUriani Mappong

Gowa, Sulsel (ANTARA) - Dompet Dhuafa mengandeng TK Islam Terpadu Khalifah Makassar III mengenalkan secara dini hewan kurban pada siswa menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

"Kegiatan bersama ini untuk mengajak anak-anak melihat dari dekat hewan kurban dan mengetahui sejarah berkurban yang merupakan perintah Allah SWT dan menjadi bagian dari berhaji," kata Supervisor Fundraising and Communication Dompet Dhuafa Rezkiani disela kegiatan visit kater dan sedekah qurban di Macanda, Kabupaten Gowa, Rabu.

Dia mengatakan, kalau selama ini masyarakat hanya mengenal Dompet Dhuafa sebagai penyaluran zakat dan sadaqoh, maka perlu ditahui umum juga bahwa lembaga ini menyediakan hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha dan kampung ternaknya menjadi lokasi "edufarm" untuk mengetahui lebih dekat peternakan dan pertanian.

Berkaitan dengan peranannya itu, lanjut dia, pihaknya menerima sedikitnya 60 siswa TK IT Khalifah berkunjung ke kampung ternak Dompet Dhuafa.

Sementara itu, Ketua Yayasan TK IT Khalifah Makassar III Reza Maronie mengatakan, pentingnya sejak dini siswa diajarkan mengenal hewan kurban menjelang Idul Adha untuk memupuk kecintaan akan ajaran Agama Islam untuk berkurban dan bersedekah.

"Kunjungan di kampung ternak ini anak-anak diajarkan sedini mungkin untuk mengatahui jenis-jenis hewan qurban yang bisa di potong, memberi makan ternak dan memandikan serta melakukan sedekah untuk qurban," katanya.
Puluhan siswa TK IT Khalifah Makassar III yang mengunjungi kampung ternak Dompet Dhuafa di Macanda, Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (07/08/2019) menyimak kisah Nabi Ibrahim As yang disampaikan Pendongen Makassar, Kak Nisa. ANTARA Foto/ HO/ Ardi


Menanggapi kegiatan edukasi itu, salah seorang siswa TK Khalifah Makassar III Evi mengatakan, sangat senang berkunjung ke kampung ternak karena dapat melihat kambing dimandikan dan memberikan makan kambing langsung dari tangannya.

Apalagi diakhir kegiatan, lanjut dia, siswa dihibur oleh pendongeng ternama di Makassar yang akrab disapa Kak Nisa yang mengisahkan ketika Nabi Ibrahim As mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengurbankan anaknya Ismail As, namun kemudian diganti oleh Malaikat dengan hewan biri-biri yang sejenis kambing untuk disembelih.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar