PHDI Sulsel Harapkan Penambahan Guru Agama Hindu

id phdi sulsel, guru agama, pemprov sulsel

Makassar (ANTARA News) - Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sulsel mengharapkan Pemprov Sulsel melakukan penambahan guru agama Hindu, karena sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan yang ada.

Ketua PHDI Sulsel Nyoman Suartha di Makassar, Kamis, mengatakan, jumlah siswa yang membutuhkan guru agama Hindu di Sulsel mencapai 30 ribu orang sementara tenaga pengajar yang ada hanya tiga orang.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut pihaknya selama ini menyelenggarakan pasraman atau sama dengan pesantren di agama Islam.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir yang dimiliki pihaknya, jumlah umat Hindu di Sulsel mencapai 106 ribu orang yang tersebar di Kabupaten Sidrap, Toraja, Luwu Utara dan Timur, Wajo dan Kota Pare-pare serta Makassar.

Menanggapi hal itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dirinya akan memberikan perhatian serius kepada permintaan pengangkatan guru agama Hindu ini.

"Saya akan tanyakan kepada dinas pendidikan tentang penjatahan dan porsi guru agama di sekolah agar penempatannya benar-benar sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Menurutnya, pemenuhan klasifikasi penentuan guru untuk agama Hindu harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan sekolah. "Penjatahannya masih dalam pengaturan-pengaturan oleh dinas pendidikan," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, PHDI juga melaporkan rencana kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi yang rencananya akan digelar di beberapa titik di Makassar mulai 14-27 Maret 2010.
(T.KR-RY/F002)

   
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar