Pemkot Denpasar dorong OPD tertib kearsipan

id Pemkot Denpasar, Bidang Kearsipan, lomba arsip antar OPD

Pemkot Denpasar dorong OPD tertib kearsipan

Sekda Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba arsip tingkat OPD Pemkot setempat. (Antaranews Bali/Komang Suparta/IST/2019)

Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Provinsi Bali mengapresiasi dan mendorongi aparatur di organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menata kearsipan dalam upaya tertib administrasi di pemerintah kota setempat.

"Kearsipan menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menyukseskan pembangunan. Karena itu untuk memotivasi para OPD  dilakukan lomba kearsipan ini," kata Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara saat menyerahkan piagam penghargaan penilaian monitoring dan evaluasi kearsipan perangkat daerah tahun 2019, di Denpasar, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar Rai Iswara menyerahkan penghargaan kepada lima besar juara, di antaranya sebagai juara I disabet Dinas Kebudayaan, juara II Dinas Pariwisata, juara III Dinas perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertahanan, juara harapan I RSUD Wangaya, dan juara harapan II disabet Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Denpasar.

Rai Iswara mengatakan semua pihak harus bersemangat untuk meningkatkan kualitas diri, salah satunya dengan tertib kearsipan.

Ia menjelaskan, kearsipan merupakan sumber data dan informasi, bahan pertanggungjawaban kinerja pemerintah dan sebagai memori kolektif bangsa untuk generasi yang akan datang.

"Ini juga sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan pada birokrasi pemerintahan," ujarnya.

Sekda Rai Iswara juga mengucapkan selamat kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perusahaan daerah yang berprestasi, semoga ke depan seluruhnya mampu terus meningkatkan prestasinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, I Putu Budiasa mengatakan lomba kearsipan diikuti oleh 35 perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar .

"Tim juri lomba kearsipan terdiri dari empat orang arsiparis (madya dan terampil) dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali," ujarnya.

 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar