Peserta SMN Sulsel berharap kesenian tradisional Papua lestari

id BUMN SMN

Reihan Pratama peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan asal SMAN 1 Luwu Timur (kedua dari kanan) tengah memainkan alat musik tradisional Papua yakni tifa (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)

Kami secara langsung dapat melihat bahkan memainkan sendiri alat musik tradisional asal Papua tanpa harus mencari di mesin pencari seperti google
Jayapura (ANTARA) - Para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) mengharapkan kesenian tradisional Papua seperti seni tari dan alat musiknya terus dilestarikan.

Reihan Pratama peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan asal SMAN 1 Luwu Timur di Jayapura, Jumat, mengatakan dirinya bangga dapat mengenal secara khusus mengenai seni tari dan alat musik tradisional yang dimiliki masyarakat Papua.

"Kami secara langsung dapat melihat bahkan memainkan sendiri alat musik tradisional asal Papua tanpa harus mencari di mesin pencari seperti google," tambahnya.

Menurut dia, kegiatan mengenalkan kesenian tradisional seperti alat musik ini sangatlah baik karena kini generasi muda sudah banyak yang tidak terbiasa belajar mengenai kebudayaan daerah, justru sibuk dengan gawainya masing-masing.

"Memang diakui gawai ini memiliki sisi positif, namun ada pula sisi negatifnya sehingga kami generasi muda dituntut lebih selektif," ujarnya.

Dia menjelaskan sehingga dengan pengenalan budaya khususnya budaya Papua yang selama ini hanya bisa diamati melalui media elektronik maupun media sosial ini sangat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru.

Sekadar diketahui, Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN dimana siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan sebaliknya peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua.

Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019, dimana untuk peserta SMN dari Sulawesi Selatan berjumlah 27 orang.
 
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar