Peserta SMN asal Makasar berbagi pengalaman berorganisasi di SMA 5 Jayapura

id Peserta SMN Makasar berbagi pengalaman berorganisasi di SMA 5 Jayapura

Peserta SMN asal Makasar berbagi pengalaman berorganisasi di SMA 5 Jayapura

Teguh Setiawan peserta SMN 2019 Makasar asal SMAN 5 Pare-Pare (paling depan kiri) berpose bersama dengan rombongan SMN dan pelajar dari SMA Negeri 5 Jayapura di Angkasa, Jumat (16/8/2019) (ANTARA/HO/dokumen Teguh Setiawan)

Ada banyak hal yang bisa kami pelajari dan ke depan mungkin saja bisa dikolaborasikan dengan kebudayaan di Makasar melalui sekolah
Jayapura (ANTARA) - Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Makasar, Sulawesi Selatan berbagi pengalaman berorganisasi siswa intra sekolah (OSIS) dengan pelajar SMA Negeri 5 Jayapura ketika mengunjungi salah satu sekolah unggulan dan barometer pendidikan di Papua tersebut.

Teguh Setiawan peserta SMN 2019 Makasar asal SMAN 5 Pare-Pare kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan dari kunjungan ke sekolah unggulan tersebut, banyak hal yang dapat dibawa pulang untuk kemudian disesuaikan dengan kearifan lokal di daerahnya.

"Ada banyak hal yang bisa kami pelajari dan ke depan mungkin saja bisa dikolaborasikan dengan kebudayaan di Makasar melalui sekolah," katanya.

Menurut Teguh, dari presentasi OSIS terdapat beberapa program yang dicanangkan di SMA Negeri 5 Jayapura seperti kerja bakti dan lain sebagainya di mana nantinya akan dipilah untuk kemudian disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing.

"Namun hal yang paling menonjol adalah ke depan mungkin kami dapat membuat kegiatan di sekolah yang mengkolaborasikan kebudayaan Papua dengan Sulawesi Selatan," ujarnya.

Dia menjelaskan dirinya secara pribadi sangat berterima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah membuat program SMN ini sehingga dapat mengenal Papua lebih dalam dengan segala keunikan yang dimiliki.

Sekadar diketahui, Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN di mana siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan sebaliknya peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua.

Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019, di mana untuk peserta SMN dari Makasar berjumlah 27 orang.
 
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar