Barcelona tersungkur di kandang Atheltico Bilbao dalam laga pembuka

id barcelona,athletic bilbao,liga spanyol,lionel messi,aritz aduriz

Para pemain Athletic Bilbao merayakan gol Aritz Aduriz (di dalam kerumunan) ke gawang Barcelona dalam laga pembuka Liga Spanyol 2019/20 di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, Jumat (16/8/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Vincent West)

Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Liga Spanyol Barcelona tersungkur di kandang Atheltico Bilbao dan menelan kekalahan 0-1 dalam laga pembuka musim 2019/20 di Stadion San Mames, Bilbao, Spanyol, Sabtu dini hari WIB.

Sebuah gol pada menit-menit akhir pemain pengganti Aritz Aduriz memaksa Barcelona yang tak diperkuat Lionel Messi pada laga itu menelan kekalahan, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Bukan saja menelan kekalahan pada laga pembuka, Barcelona juga dihadapkan pada persoalan lain lantaran Luis Suarez harus pergi lebih awal karena cedera dan digantikan Rafinha pada menit ke-37.

Hasil itu praktis jadi malam debut yang patut dilupakan bagi dua penggawa anyar Barcelona yakni Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann.

Lini belakang Barcelona tampak rapuh sejak sepak mula dan kiper Marc-Andre ter Stegen dipaksa melakukan penyelamatan pada menit ketujuh ketika Inaki Williams melepaskan tembakan jarak jauh setelah Ousmane Dembele kehilangan bola di dalam areanya sendiri.

Ter Stegen kembali beraksi saat menghalau tembakan jarak dekat Williams pada menit ke-15.

Perlahan Barcelona mulai menemukan ritme permainan mereka dan memperoleh peluang ketika Suarez merebut penguasaan bola buah blunder Unai Lopez pada menit ke-32, namun tembakannya hanya membentur tiang gawang.

Sayangnya, Suarez kemudian harus meninggalkan lapangan pada menit ke-39 setelah terlihat kesakitan di betisnya dan digantikan oleh Rafinha.

Baru merumput sejenak, Rafinha berpeluang membawa Barcelona unggul namun tembakannya berhasil dihalau penyelamatan gemilang kiper tuan rumah Unai Simon pada menit ke-42.

Baca juga: Barcelona sepakat pinjamkan Coutinho kepada Bayern

Penampilan buruk babak pertama memaksa Ernesto Valverde memasukkan Ivan Rakitic menggantikan Carles Alena agar Barcelona bisa menguasai lini tengah pada babak kedua.

Enam menit memasuki babak kedua, Rafinha memperoleh peluang lagi namun tembakannya digagalkan di area tiang dekat.

Bilbao baru bisa menciptakan peluang lagi pada menit ke-57 saat Williams merangsek ke lini pertahanan Barcelona namun tembakannya hanya menghantam sisi luar jaring gawang Barcelona.

Tekanan kemudian dilancarkan Barcelona lagi, sayangnya Rakitic gagal menyelesaikan sebuah bangunan serangan apik dan mendapati tendangannya dari tepian kotak penalti mendarat di tribun penonton pada menit ke-70.

Pada menit ke-88 Gaizka Garitano menggunakan slot pergantian pemain terakhirnya dengan memasukkan Aduriz menggantikan Williams, keputusan yang belakangan jadi langkah penting berbuah kemenangan.

Baru semenit penyerang berusia 38 tahun itu berada di dalam lapangan, ia segera menegaskan perannya dengan sebuah tendangan voli demi menguburkan bola ke dalam gawang Ter Stegen.

Barcelona sempat berpeluang menyamakan kedudukan pada masa injury time, namun sundulan Clement Lenglet berhasil ditolak Simon ke atas mistar gawang. Barcelona menelan kekalahan 0-1 dari Bilbao pada laga pembuka tersebut.

Baca juga: Jadwal pekan pembuka La Liga, Barcelona nir-Messi dan ujian Zidane

Susunan pemain:

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Unai Simon; Ander Capa, Yeray Alvarez, Unai Nunez, Yuri; Unai Lopez (Benat), Dani Garcia; De Marcos (Oihan Sancet), Raul Garcia, Iker Muniain; Inaki Williams (Aritz Aduriz)
Pelatih: Gaizka Garitano

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto (Carles Perez) , Frenkie de Jong, Carles Alena (Ivan Rakitic); Ousmane Dembele, Luis Suarez (Rafinha), Antoine Griezmann
Pelatih: Ernesto Valverde
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar