Jemaah haji pria asal Kabupaten Sinjai kenakan jubah Raja Arab

id Jamaah Haji Makassar, Debarkasi Hasanuddin,jemaah haji sinjai

Jamaah Haji asal Kabupaten Sinjai kloter 3 Debarkasi Makassar saat baru tiba di Tanah Air pada pukul 02.27 Wita, Selasa dini hari (20/08/2019). ANTARA Foto/HO/Humas

Makassar (ANTARA) - Kedatangan jemaah haji kloter 3 Debarkasi Makassar asal  Kabupaten Sinjai menyita perhatian karena jamaah pria mengenakan jubah kebesaran Raja Arab yang tampak mencolok dari jamaah lainnya.

Jamaah haji itu tiba di Tanah Air menggunakan pesawat Garuda Indonesia Air Lines dengan nomor penerbangan GA 1203 Boeing 747 4H6 pada pukul 02.27 Wita, Selasa dini hari.

PPIH Bagian Informasi Debarkasi Haji Makassar, Mawardy Siradj menuturkan jamaah haji menggunakan pakaian kebesaran haji Bugis Makassar sudah biasa, tetapi tampilan jamaah haji laki-laki berbusana menggunakan pakaian Arab atau gamis mirip pakaian Raja Salman masih sangat jarang, dan itulah yang ditampilkan kaum Adam dari Kabupaten Sinjai.

"Selamat datang pak haji, bu haji, semoga menjadi haji yang mabrur," ucapnya Mawardy.

Semarak kedatangan jamaah haji Debarkasi Makassar akan tidak lengkap tanpa wewangian atau parfum khas Arab, menambah kesan bahwa mereka benar-benar jamaah haji yang baru saja tiba dari Tanah Suci.

Selain itu, jamaah haji yang diangkut menggunakan bus Damri menuju Asrama Haji Sudiang tersebut juga menyita perhatian dengan pakaian khas Bugis yang mereka kenakan.

Prmandangan menarik, saat tiba, para kaum Hawa telah mengenakan pakaian kebesaran haji khas Bugis Makassar seperti Cipo Cipo dipadu dengan Madawara (Parampa).

"Inilah ciri khas pakaian seorang perempuan suku Bugis yang telah berstatus Hajja. Pakaian ini mendominasi model busana para Hajja baru tetapi ada juga yang tetap menggunakan busana muslim modern," ujarnya.

Jamaah Kloter tiga merupakan gabungan dari tiga daerah yaitu Kota Makassar berjumlah 73 orang, Kabupaten Sinjai berjumlah 242, Kota Pare-pare sebanyak 135 orang dan lima petugas haji dengan jumlah total 455.

Dalam kesempatan tersebut, Mawardy juga menyampaikan, kedatangan jamaah haji Kloter 3 Debarkasi Makassar mengalami keterlambatan sekitar satu jam. Hal ini disebabkan karena padatnya penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Dijadwalkan jamaah Kloter tiga ini tiba pada 01.55 Wita. Namun baru mendarat pukul 02.31 Wita. Alhamdulillah mereka telah tiba kembali di tanah air dengan selamat setelah melaksanakan rukun Islam yang kelima di Tanah Suci Makkah dan Madinah sekitar 40 hari," ucapnya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar