Ombudsman minta Pemkab Polewali Mandar bangun infrastruktur jalan

id Jalan buruk

Ombudsman  minta Pemkab Polewali Mandar bangun infrastruktur jalan

Buruknya jalan membuat pasien di Kabupaten Polman harus ditandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan 22/8 (Antaranews/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Ombudsman Provinsi Sulawesi Barat meminta pemerintah Kabupaten Polewali Mandar membangun infrastruktur jalan menuju daerah terpencil terkait kasus pasien ditandu ke rumah sakit akibat tidak belum adanya jalan.

"Ombudsman Perwakilan Sulbar, menyayangkan kasus pasien ditandu ke rumah sakit di Dusun Bombang, Desa Patambanua Kabupaten Polewali Mandar karena tidak adanya infrastuktur jalan yang bisa dilalui kendaraan," kata Koordinator Tim PVL Ombudsman RI Sulbar, Sekarwuni Manfaati di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, atas adanya pasien yang ditandu untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit tanpa bisa diankut dengan kendaraan karena jalan yang tidak dapat dilalui maka dilakuka reaksi cepat berkordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

"Memprihatinkan karena salah seorang warga yang sakit dan harus dirujuk ke Puskesmas, namun akses jalan menuju Dusun Bombang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat sehingga pasien ditandu keluar sampai ke ujung jalan tempat ambulans menunggu," katanya.

Ia mengatakan, jika fasilitas kesehatan Puskesmas di Kecamatan Bulo, sudah memadai namun tidak adana akses jalan memadai membuat pelayanan kesehatan juga tidak maksimak.

Oleh karena itu, pemerintah desa sampai Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar diminta memperhatikan dan membangun akses yang jalan yang memadai.

"Pengakuan beberapa warga bahwa kejadian itu bukan yang pertama, tetapi sudah berulangkali terjadi pasien ditandu untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan," katanya.

Lukman mengatakan perbaikan pelayanan publik seperti jalan membutuhkan peran serta semua pihak,  karena itu keterlibatan semua pihak mengharap untuk mengatasi masalah ini .
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar