Jambi tinggalkan kesan mendalam bagi peserta SMN NTT

id smn ntt,bhun,budaya jambi

Jambi tinggalkan kesan mendalam bagi peserta SMN NTT

Peserta SMN BHUN NTT saat hendak memasuki Bandara Sultan Thaha Syaifudin Jambi. Peserta SMN NTT mengatakan Jambi meninggalkan kesan mendalam bagi mereka. (ANTARA/Muhammad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam program pertukaran pelajar BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) saat hendak pulang ke daerah asalnya mengatakan Jambi meninggalkan kesan mendalam bagi mereka.

"Jambi luar biasa, kami banyak tahu keberagaman budaya selama di Jambi," kata Peserta SMN BHUN NTT Yuni Kerans di Jambi, Jumat.

Selama berada di Provinsi Jambi 25 siswa SMA/SMK dan tiga siswa difabel yang menjadi peserta SMN NTT dibawa ke berbagai daerah guna mendapatkan ilmu pengetahuan, baik budaya, kesenian, pariwisata, wirausaha hingga nasionalisme.

Yuni Kerans mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan SMN BHUN tersebut, karena banyak keragaman, terutama dari segi budaya yang menjadi tambahan pengetahuan bagi dirinya.

"Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat banyak, unik dan memiliki ciri khas di setiap daerah, seperti di Jambi ada tarian sekapur sirih untuk menyambut tamu, saya senang melihatnya dan ingin mempelajarinya," kata Yuni Kerans.

Selain itu, menurut Yuni Kerans yang sangat berkesan yakni saat mengunjungi lokasi-lokasi wisata di Jambi seperti  mengunjungi perkebunan teh dan kopi yang berada di kaki Gunung Kerinci.

Menurutnya, tidak hanya sekedar tempat wisata,  di sana Ia juga mengetahui berbagai kegiatan wirausaha yang juga dapat dilaksanakan di daerah asalnya, NTT.
 
Peserta SMN BHUN NTT di Bandara Sultan Thaha Syaifudin Jambi. (ANTARA/Muhammad Hanapi)


Yuni Kerans berharap kegiatan SMN tersebut berkelanjutan dan dapat terus dilaksanakan. Karena menurut Yuni melalui SMN BHUN tersebut banyak sekali pengetahuan yang didapat.

"Harapannya ke depan untuk teman-teman lain bisa bergabung, dan siswa-siswi di Indonesia diharapkan lebih mengembangkan budaya Indonesia dari pada budaya asing," kata Yuni Kerans.

Sementara itu, peserta SMN Jambi yang berkunjung ke NTT juga akan pulang pada hari yang sama. Peserta SMN Jambi diperkirakan akan tiba di jambi pada Jumat sore ini sekira pukul 16.50 WIB.



 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar