Pemkab Gowa berhasil tingkatkan mutu pendidikannya

id Pemkab gowa,Mutu pendidikan,Adnan purchase ichsan,Bupati gowa

Pemkab Gowa berhasil tingkatkan mutu pendidikannya

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan

Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berhasil memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikannya sesuai dengan data kualitas pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Alhamdulillah hasil tidak pernah mengingkari proses. Upaya yang kami lakukan berbuah hasil dan kami memang bertekad menjadikan Gowa sebagai daerah pendidikan di Sulsel dan Indonesia," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Jumat.

Dari data terbaru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mutu pendidikan khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) Kabupaten Gowa mengalami peningkatan peringkat yang drastis.

Pada 2019, mutu pendidikan untuk jenjang SD dan SMP di Gowa sudah menduduki peringkat keenam di Sulawesi Selatan. Sebelumnya, Gowa hanya berada di posisi 21 se-Sulawesi Selatan.

Hal itu, kata dia, berdasarkan data yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI beberapa waktu lalu.

Capaian tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Salam.

"Memang benar, mutu pendidikan SD kita sekarang sudah berada di peringkat ke-6 dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Bahkan, meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang hanya berada di peringkat ke-21." kata dia.

Di tingkat SD, nilai indeks mutu baik Gowa mencapai 47 poin, di bawah Kabupaten Wajo, Makassar, Enrekang, Bone, dan Sidrap, sedangkan tingkat SMP indeks mutu baik Gowa 26 poin di bawah Bone, Wajo, Bulukumba,Toraja Utara, dan Makassar.

Sektor pendidikan, kata dia, memang sudah menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Gowa sejak masa kepemimpinan Bupati Ichsan Yasin Limpo.

Setelah digantikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni, sektor pendidikan juga tetap menjadi prioritas pembangunan di daerah itu.

"Hasilnya, Gowa kini sudah bisa bicara banyak terkait peringkat dan prestasi di bidang pendidikan. Peningkatan itu merupakan penilaian langsung dari Kemendikbud RI sebagai instansi pemerintah yang membidangi sektor pendidikan," tutur Salam.

 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar