Saham-saham China berakhir menguat dipicu data ekonomi positif

id saham China,indeks Shanghai,indeks Shenzhen,indeks ChiNext

Bursa saham China. ANTARA/REUTERS/Aly Song

Beijing (ANTARA) - Saham-saham China menguat pada akhir perdagangan Selasa, terangkat oleh keuntungan industri yang positif pada Juli dan perkiraan kenaikan indeks saham A oleh MSCI.

Indikator utama Indeks Komposit Shanghai naik 1,35 persen menjadi berakhir pada 2.902,19 poin, dan Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China meningkat 1,86 persen menjadi ditutup pada 9.443,18 poin.

Nilai transaksi gabungan saham dalam kedua indeks meningkat menjadi 558,28 miliar yuan (sekitar 78,85 miliar dolar AS) dari 461,1 miliar yuan pada hari perdagangan sebelumnya.

Jumlah saham naik melebihi yang turun, sebanyak 1.332 saham terhadap 118 saham di bursa Shanghai dan 1.912 saham berbanding 209 saham di bursa Shenzhen.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang China di papan bergaya Nasdaq, bertambah 1,71 persen, menjadi ditutup pada 1.628,12 poin.

Keuntungan di perusahaan-perusahaan industri utama China kembali ke pertumbuhan pada Juli, membalikkan penurunan 3,1 persen yang tercatat pada Juni, didukung oleh peningkatan di sektor petrokimia, mesin listrik dan mobil.

Peningkatan bobot saham A dalam indeks MSCI juga membantu mendorong pasar saham AS lebih tinggi, dengan arus masuk modal neto ke utara melalui skema penghubung saham yang menghubungkan China daratan dan Hong Kong melebihi 10 miliar yuan.

MSCI diperkirakan akan meningkatkan faktor inklusi semua saham besar China-A di indeks MSCI dari 10 persen menjadi 15 persen, efektif setelah penutupan pasar Selasa.

Layanan aplikasi komputer, mesin, petrokimia, dan sektor peralatan listrik memimpin kenaikan ini, dengan Hundsun Technologies Inc. melonjak 6,45 persen menjadi 75,4 yuan per saham serta Yonyou Network Technology naik 5,3 persen menjadi 33 yuan.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar