JICA latih fasilitator desa di Kabupaten Bantaeng

id jica,pelatihan fasilitator,bantaeng

JICA latih fasilitator desa di Kabupaten Bantaeng

Suasana pelatihan fasilitator desa yang digelar JICA di Gedunbg PGRI Bantaeng, Senin (9/9/2019). ANTARA/HO-Diskominfo Bantaeng

Bantaeng (ANTARA) - Japan International Cooperation Agency (JICA) memberikan pelatihan khusus untuk fasilitator desa  yang akan mendampingi program unggulan Pemkab Bantaeng, yaitu  program bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW.

Pelatihan tersebut dibuka Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin dan diikuti sebanyak 67 orang tenaga pendamping pemberdayaan di Gedung PGRI Bantaeng, Senin.

Shintani Naoyuki dari perwakilan JICA mengatakan para fasilitator ini diharapkan dapat melakukan proses penyaluran bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW.

Proses itu dimulai dari penjajakan komunitas, mendorong partisipasi masyarakat, memfasilitasi masyarakat mengenali potensi dan masalah. Mereka juga akan melakukan peran advokasi, serta analisis dan asistensi dari hasil-hasil perencanaan yang dilakukan oleh masyarakat.  

"Kompleksitas tugas dan fungsi pendampingan tersebut yang menuntut pelaksanaan TOF ini berkualitas dan sesuai dengan tujuan yang di harapkan," ujar Shintani.

Sementara, Bupati Bantaeng DR Ilham Azikin menyampaikan rasa hormat kepada semua fasilitator yang terpilih itu.

Menurut Bupati, program ini adalah salah satu program unggulan Pemkab Bantaeng yang akan menjadi salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Bantaeng.

Dia menyebut, para fasilitator ini adalah ujung tombak terlaksananya program itu.

"Tentu program ini Insya Allah akan menjadi salah satu bagian dari upaya mengentaskan kemiskinan," jelas dia.

Ilham Azikin juga mengaku baru saja memantau program pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bantaeng. Dari BLK itu, pelatihan keterampilan juga sudah mulai dilaksanakan. Ada berbagai macam pelatihan, mulai dari teknik otomotif berbasis elektronik hingga pelatihan perhotelan.

"Kita harapkan, mereka yang telah dibekali keterampilan bisa menularkannya ke masyarakat," jelas dia.

Narasumber dan pelatih pada pelatihan fasilitator itu adalah Prof Darmawan Salman (Universitas Hasanuddin), Shintani Naoyuki (Tenaga Ahli JICA), Manarangga Amir (JICA),  Rusli M Rukka, S.P, M.Si (Universitas Hasanuddin), Muhammad Nurfajri, SE (P3MD), Sunandar Syamsuddin (P3MD), Sirajuddin (P3MD)  Ramlan (P3MD), dan Beberapa orang dari DPMD PP & PA Kabupaten Bantaeng.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar