Bupati ajak warga Gowa budayakan olahraga di Haornas ke-36

id Haornas Pemkab Gowa, Bupati Gowa,Adnan purichta

Bupati ajak warga Gowa budayakan olahraga di Haornas ke-36

Upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 36 oleh Pemkab Gowa di lapangan utama Kantor Bupati Gowa, Senin (9/09/2019). ANTARA Foto/HO-Humas Gowa

Makassar (ANTARA) - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak warga Gowa agar menjadikan olahraga sebagai budaya pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tingkat Kabupaten Gowa melalui sambutan seragam dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi.

"Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang baik, masyarakat terutamanya adik-adik pelajar kita akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya," ungkapnya di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin.

Sambutan ini mengajak masyarakat agar olahraga menjadi kebutuhan hidup sekaligus gaya hidup sesuai instrukai Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga.

Permasalahan terbesar saat ini karena derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah sehingga dengan gerakan ayo olahraga diharapkan akan menjawab permasalah tersebut.

"Olehnya itu, saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk terus melakukan olah raga secara rutin dan secara teratur. Baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan warga binaan yang ada di lembaga pemasyarakatan," kata Adnan.

Tema Haornas tahun 2019 ini adalah 'Ayo Olahraga, dimana saja, kapan saja'. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

"Tema tersebut menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olah raga hanya dapat dilakukan difasilitas olahraga yang tersedia, tetapi olahraga dapat dilakukan dimana saja," tambahnya.

Sekadar diketahui, pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talent scounting yang tepat telah dibuktikan pada perhelatan Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang. Indonesia mampu memenuhi target juara umum dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak dan 25 perunggu.

Turut hadir dalam peringatan Haornas, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Kabupaten Gowa, H Muchlis, pimpinan SKPD, para Camat, para Lurah dan Desa se Kabupaten Gowa.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar