Pemkab Pamekasan alokasikan Rp2,1 miliar untuk PMKS

id Bantuan Warga Miksin,Warga Miskin Pamekasan

Dokumen kegiatan penyerahan bantuan bagi warga miskin dan kurang mampu oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di Pamekasan, Selasa (10/9/2019). (ANTARA/Abd Aziz)

Pamekasan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mengalokasikan dana sebesar Rp2,1 miliar lebih untuk membantu warga miskin dan kurang mampu serta penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayah itu.

Menurut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di Pamekasan, Selasa, dana yang dialokasikan pemerintah kali ini dari anggaran bantuan sosial melalui belanja tidak langsung Badan Keuangan Daerah.

"Ini merupakan bagian dari ikhtiar yang kami lakukan untuk terus menekan angka kemiskinan dan memberdayakan warga miskin dan kurang mampu di Pamekasan ini," ujar Bupati.

Bantuan yang diserahkan antara lain bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni, bantuan sosial korban bencana alam dan bencana kebakaran, dan bantuan peralatan usaha masyarakat miskin pesisir.

Ia berharap, penerima manfaat tidak mengalami hambatan pelaksanaan fungsi sosial sehingga dapat menjalani kehidupan secara layak dan bermartabat.

Bupati menjelaskan, bantuan sosial korban bencana alam dan bantuan kebakaran berupa uang diberikan kepada 145 penerima melalui rekening bank, dengan total bantuan sebesar Rp254 juta lebih, lalu bantuan sosial perbaikan rumah berupa uang tunai kepada 457 penerima melalui rekening bank dengan jumlah Rp4 juta, sehingga total bantuan yang diserahkan mencapai Rp1,8 miliar lebih.

Selain itu, itu Pemkab Pamekasan juga menyerahkan bantuan peralatan usaha masyarakat miskin pesisir berupa barang kepada 20 penerima dengan total bantuan senilai Rp32 juta lebih.

"Jadi total penerima bantuan yang terdiri dari warga miskin dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial sebanyak 622 orang," katanya.

Total bantuan untuk warga miskin dan penyandang masalah sosial yang diserahkan Pemkab Pamekasan sebesar Rp2,1 miliar lebih.

Bupati menuturkan penyerahan secara simbolis bantuan untuk warga miskin dan kurang mampu serta PMKS di Kabupaten Pamekasan itu telah digelar, Senin (9/10) dan dihadiri langsung oleh perwakilan masing-masing penerima bantuan.

"Kami berharap, dengan adanya program ini, kemiskinan di Kabupaten Pamekasan bisa terus ditekan, sehingga ekonomi masyarakat akan lebih baik lagi ke depan," katanya.

Program peningkatan kesejahteraan sosial dan peningkatan ekonomi ini merupakan satu dari lima program prioritas yang dicanangkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Program lainnya yang juga dicanangkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama wakilnya Raja'e adalah birokrasi yang modern dan profesional,
peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada kualitas SDM, dan pemerataan pelayanan bidang kesehatan ke desa-desa disamping reformasi birokrasi.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar