Pejabat Wali Kota-AIPJ siapkan forum anak berhadapan hukum

id pj wali kota,form restorative fase ke2,pemkot makassar,DP3A makassar,berhadapan anak dengan hukum

Pejabat Wali Kota-AIPJ siapkan forum anak berhadapan hukum

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb (kanan), perwakilan Australia Indonesia Partnership For Justice (AIPJ) 2 , Craig Ewers (dua kiri) dan pihak konjen Australia di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/9/2019). FOTO/HO/Humas Pemkot Makassar

Makassar (ANTARA) - Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb bersama pihak Australia Indonesia Partnership For Justice (AIPJ) 2 bertemu untuk membahas penguatan forum restorative justice fase ke 2 yang fokus pada anak di hadapan hukum.

"Pembahasan ini sangat bagus, mengingat ditingkat kota memang sudah banyak terjadi hal-hal yang merenggut hak anak seperti pernikahan dini. Hal ini biasanya terjadi seiring ekonomi di suatu kota meningkat," kata Iqbal di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar di Makassar, Rabu.

Untuk itu, pemerintah tidak boleh tinggal diam dalam melihat kondisi seperti ini, sehingga forum ini hadir untuk mendukung penuh salah satunya dengan penyediaan fasilitas yang akan digunakan untuk berdiskusi, sebab anak  zaman sekarang khususnya berada di perkotaan rentan terhadap pernikahan dini, eskploitasi anak, kriminal yang dilakukan anak di bawah umur, kekerasan terhadap anak dan semacamnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Tenri A Palallo, pada kesempatan itu mengatakan AIPJ 2 tertarik untuk lebih mendalami hal tersebut dengan segera membentuk forum yang akan membahas setiap persoalan anak.

"Awalnya sudah ditangani dulu dan kami kembali swadaya. Melihat hal itu AIPJ langsung merespon untuk mendukung atau membiayai setiap forum restorative justice yang segara dibuat di Kota Makassar," katanya

Forum ini nantinya, kata dia, akan melibatkan para korban dan pihak-pihak terkait di dalam forum sehubungan dengan penyelesaian masalahnya.

Sementara Ketua Tim AIPJ2 Craig Ewers didampingi Senior Manager Anti Corruption Judhi Kristantini dan wakil dari Konsulat Jenderal (Konjen) Australia menyatakan siap memberikan bantuan termasuk mendanai kegiatan forum tersebut.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar