RS Haji sebagai rumah sakit ramah lingkungan pertama Sulsel

id Rumah sakit

Ilustraai. Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. (ANTARA/Syaiful Hakim)

Makassar (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar menjadi rumah sakit ramah lingkungan pertama di Provinsi Sulawesi Selatan.



"Alhamdulillah kami meraih predikat rumah sakit ramah lingkungan pertama se-Sulsel tahun ini. Dan diumumkan pada tanggal 17 Agustus tahun ini, di rumah jabatan gubernur," kata Direktur RS Haji Makassar, Abdul Haris Nawawi di Makassar, Rabu.



Rumah sakit Haji Makassar berhak menyandang status sebagai rumah sakit ramah lingkungan se-Sulsel setelah mengalahkan para pesaing terdekatnya yakni Rumah Sakit Sayang Rakyat (peringkat 2) dan Rumah Sakit Pertiwi di peringkat tiga.



Abdul Haris Nawawi mengaku, ada beberapa faktor yang menjadi penilaian sehingga bisa meraih RS ramah lingkungan pertama di Sulawesi Selatan.



"Jadi semua termasuk unsur SDM-nya, termasuk semua lini yang ada di rumah sakit, mulai dari hulu hingga ke hilir harus terlibat semua," jelasnya.



Namun yang paling penting, menurut dia, pada sebuah rumah sakit yakni keramahan pada saat memberikan pelayanan terhadap pasien maupun keluarga pasien.



“Jadi, ada kebersihan, ada tamannya, harus hijau, hijaunya itu minimal 44 persen dari keseluruhan Rumah Sakit, kemudian ada layanan bersih, ramah tamah seluruh petugasnya," jelas alumni Kedokteran Gigi Unhas Makassar ini.



Menurutnya, selama ini masyarakat kalau ke rumah sakit merasa trauma atau takut dan itu yang menjadi fokus untuk dihilangkan,  sehingga kemudian muncul konsep rumah sakit ramah lingkungan.

Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar