BPBD Kabupaten Mamuju bentuk 14 desa tangguh bencana

id bpbd mamuju,bentuk 14 destana

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Mamuju Muhammad Ali Rachman (kiri) pada pengukuhan desa tangguh bencana di Kecamatan Tommo. (Foto dokumentasi BPBD Kabupaten Mamuju)

Mamuju (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat telah mengukuhkan 14 desa tangguh bencana (Destana) di Kecamatan Tommo.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Mamuju, Muhammad Ali Rachman saat dihubungi di Mamuju, Rabu, mengatakan, pembentukan destana di seluruh desa di Kecamatan Tommo itu dilakukan pada kegiatan Sahabat Rakyat yang dilaksanakan pemerintah setempat.

"Pada saat dilaksanakan kegiatan Sahabat Rakyat akkhir pekan lalu, kami juga sekaligus mengukuhkan destana di seluruh desa yang ada di Kecamatan Tommo," kata Ali Rachman.

Pembentukan destana di seluruh desa di Kecamatan Tommo itu, lanjut Ali Rachman sebagai upaya meminimalisir risiko jika terjadi bencana di kawasan itu.

Ia menyatakan, pembentukan destana di seluruh desa di Kecamatan Tommo itu merupakan program BPBD Mamuju pada 2020.

"Pembentukan destana di Kecamatan Tommo itu merupakan program tahun depan, tetapi kami segerakan mengingat Kabupaten Mamuju yang masih sangat minim sarana dan prasarana sehingga dibutuhkan masyarakat yang mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan," terang Ali Rachman.

Ia mengaku akan segera mendorong agar seluruh desa di Kabupaten Mamuju dapat segera dibentuk destana.

"Kami harapkan, seluruh desa di Kabupaten Mamuju dapat segera terbentuk destana. Tentu kami akan mendorong agar segera terbentuk destana di seluruh desa," ujar Ali Rachman.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar