Areal perkebunan terbakar di Desa Warembungan Minahasa

id kebakaran,areal perkebunan terbakar, Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng,kabupaten minahasa,sulawesi utara,bpbd minahasa

Areal perkebunan terbakar di Desa Warembungan Minahasa

Kebakaran areal perkebunan di wilayah Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Jumat. (foto: BPBD Minahasa)

Minahasa (ANTARA) - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa, Sulut, Alex Dotulong memperkirakan sekitar 100 hektare areal perkebunan di Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng terbakar, Jumat.

"Kebakaran terjadi sejak hari Kamis kemarin, titik api masih bermunculan di tempat-tempat yang berbeda," sebut Dotulong di Manado.

Tidak adanya akses ke areal perkebunan yang terbakar itu menyebabkan kendaraan pemadam kebakaran tidak bisa memaksimalkan upaya pemadaman.

Jadinya, kata dia, personel BPBD, pemadam kebarakan, TNI dan Polri dibantu masyarakat hanya memadamkan secara manual.

Upaya pemadaman api yang menjalar ke arah utara menuju kawasan permukiman di Kota Manado itu sulit dilakukan karena angin yang bertiup cukup kencang.

"Kami berharap semakin banyak masyarakat yang mau berpartisipasi memadamkan api tersebut sehingga tidak meluas dan menjangkau permukiman warga, termasuk dukungan dari pemilik kebun," ajaknya.

Personel pemadam kebakaran saat ini disiagakan di wilayah perkebunan yang jaraknya semakin dekat dengan permukiman warga.

"Memang belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran ini, dugaan awal kami karena membakar lahan kemudian menjalar," jelasnya.

Dia pun berharap masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar sehingga tidak meluas ke kawasan hutan, pertanian atau perkebunan warga.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar