Gubernur minta dukungan DPRD sukseskan pembangunan di Sulbar

id Gubernur Sulbar

Gubernur minta dukungan DPRD sukseskan pembangunan di Sulbar

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar meminta dukungan kepada DPRD ditingkat Provinsi dan Kabupaten di Sulbar dalam mendukung suksesnya pembangunan yang ada di Sulbar 18/9 (Antaranews/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar meminta dukungan kepada DPRD di provinsi dan Kabupaten, mendukung suksesnya pembangunan yang ada di daerah itu.

"Dukungan DPRD dalam melakukan optimalisasi penyelenggaraan otonomi daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sangat penting," kata Ali Baal Masdar, pada orientasi dan pembekalan anggota DPRD Mamuju, Selasa.

Ia menambahkan, DPRD diharapkan dapat menjadi mitra yang harmonis dengan pemerintah daerah guna mensukseskan pembangunan.

"DPRD diharapkan dapat menjembatani pemerintah dengan masyarakat, dan mengusahakan kesepakatan maupun dukungan terhadap sistem politik secara keseluruhan," ujarnya.

Ia juga meminta, dukungan terhadap kebijakan yang dijalankan serta kebijakan spesifik tertentu.

"Dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pasal 1 angka 4 menyatakan, DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah," jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya maka dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan di daerah, DPRD merupakan mitra sejajar dengan pemerintah.

"Dengan begitu, kemitraan memiliki makna yang begitu penting dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah, sehingga memerlukan komitmen yang kuat dari kedua belah pihak untuk terus menjaga dan mempertahankan semangatnya," terangnya.

Menurut dia, kemitraan antara pemerintah dan DPRD pada periode yang lalu telah berjalan dengan baik, sinergi ini perlu dijaga dan dilanjutkan pada periode ini.

Ia juga berharap, DPRD untuk mengoptimalkan perannya menjalankan fungsi pembentukan peraturan daerah (perda), anggaran dan pengawasan.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar