Lantamal VI buatkan sumur untuk masyarakat Pulau Barrang Lompo

id Lantamal VI Buatkan Sumur Untuk Masyarakat Pulau Barrang Lompo

Lantamal VI  buatkan sumur untuk masyarakat Pulau Barrang Lompo

Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun di lokasi sumur buatan Lantamal VI di Pulau Barrang Lompo. ANTARA Foto/HO/Humas Lantamal VI

Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar membuat sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Makassar.

"Musim kemarau membuat sebagian warga di perkotaan, desa maupun pulau merasakan kekeringan dan ini adalah upaya untuk pemenuhan air bersih itu," ujar Wakil Sementra (WS) Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun di Makassar, Rabu.

Ia menyebutkan kekeringan dan kebutuhan akan air bersih untuk masyarakat Pulau Barrang Lompo sangat mendesak dan salah satu solusi yang dilakukan oleh prajurit Lantamal VI adalah dengan membuat sumur tersebut.

Dia menyatakan pembangunan sumur ini merupakan salah satu dari sekian banyak program karya bakti dan komunikasi sosial Lantamal VI dalam rangka memperingati HUT Ke-74 TNI Angkatan Laut dan menyambut HUT Ke-74 TNI.

"Semoga sumur buatan ini bisa bermanfaat dan membantu warga di Pulau Barrang Lompo. Kami juga turut senang bisa berbuat dan berbagi bersama masyarakat," ujarnya.

Kolonel Suratun menerangkan Pulau Barrang Lompo merupakan salah satu pulau binaan Lantamal VI yang sering dikunjungi.

Berbagai kegiatan karya bakti sebelum-sebelumnya juga sering dilakukan oleh prajurit Lantamal salah satunya membuat sumur oleh Satuan Kerja Potensi Maritim Lantamal VI.

"Kami berharap sumur dan perlengkapan yang sudah dibuatkan ini diharapkan dapat dijaga dan dirawat dengan baik oleh masyarakat pulau," ucap Kolonel Suratun.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI menggelar karya bakti dan Komunikasi Sosial (Komsos) di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar.

"Ada beberapa agenda yang kami bahas dan tentunya bertatap muka dengan masyarakat Kepulauan Sangkarrang," ujar Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun di Makassar, Rabu.

Ia menambahkan karya bakti yang digelarnya merupakan salah satu tugas pokok TNI AL yang bertujuan membantu masyarakat pulau dan pesisir.

Selain karya bakti, dirinya juga menyatakan jika kegiatan di pulau bagian dari membentuk pemberdayaan wilayah pertahanan di laut.

Menurut dia, pulau adalah wilayah strategis dalam membentuk pertahanan khususnya dalam dukungan masyarakat.

"Semoga apa yang kami lakukan di pulau bisa bemanfaat dan bernilai ibadah dan dapat dipergunakan dengan baik," kata Kolonel Laut (P) Suratun yang menjabat sebagai Wakil Sementara (WS) Wadanlantamal VI.

Kolonel Suratun menyebutkan kegiatan karya bakti yang digelarnya dalam rangka memperingati HUT Ke-74 TNI Angkatan Laut dan menyambut HUT ke-74 TNI.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan seperti Naval Base Open Day (NBOD), lomba perahu naga untuk mencari bibit atlet dayung serta mengajak masyarakat berlayar bersama menggunakan kapal perang (KAL).

Lebih lanjut, Suratun menyatakan karya bakti itu tidak hanya di Pulau Barrang Lompo saja, beberapa pulau yang ada di Sulsel juga menjadi target sasaran dalam karya bakti tersebut.
 
Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun berfoto bersama masyarakat Pulau Sangkarrang, Rabu (18/9/2019). ANTARA FOTO/HO/Humas Lantamal VI
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar