Peringati WCA penggiat lingkungan bersihkan pantai di Kota Parepare

id Peringatan World Cleanup Day, kota Pare-pare, bersihkan sampah, lima ton, sampah plastik pantai, KNPI pare-pare

Peringati WCA penggiat lingkungan bersihkan pantai di Kota Parepare

Sejumlah penggiat lingkungan bersama warga kota Pare-pare membersihkan pantai dalam rangkaian peringatan World Cleanup Day (WCD) di Kota Pare-pare, Sulawesi Selatan, Sabtu, (21/9/2019). FOTO/HO/Zulkifli.

Makassar (ANTARA) - Memperingati World Cleanup Day (WCA) penggiat lingkungan dari berbagai elemen bersama masyarakat di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan aksi bersih pantai.

"Aksi ini berhasil mengumpulkan kurang lebih lima ton sampah plastik yang diangkat di sepanjang pantai Kota Parepare," sebut panitia pelaksana sekaligus Ketua KNPI Kota Parepare, Ansyari Badullah, Sabtu.

Ia mengatakan World Cleanup Day merupakan gerakan bersih-bersih yang digelar serentak tidak hanya di Kota Parepare tapi juga berlangsung di 157 negara pada hari ini.

Bersih-bersih sepanjang pinggir pantai, kata dia dibagi menjadi dua zona yakni zona A dan B. Zona A berada di daerah kawasan Mattirotasi, zona B belakang Pertamina.

"Dari zona A tadi  sudah tiga ton sampah plastik yang ditimbang panitia, sementara di zona B sekitar dua ton sekitar, jika dihitung kedua zona ada sekitar lima ton yang dikumpulkan pada peserta world cleanup day hari ini," kata dia.

Aksi bersih sampah dari pantai ini d harapkan bisa menyadarkan masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di pantai apalagi sampah plastik.

Kegiatan yang dihadiri ratusan warga dari berbagai elemen masyarakat ini diinisiasi KNPI Kota Parepare, panitia pelaksana juga mempersiapkan hadiah uang tunai bagi warga yang berhasil mengumpulkan sampah paling banyak,

"Sebagai penyemangat kita siapkan hadiah, jadi siapa saja yang paling banyak dan paling berat sampah yang dia kumpul kami beri hadiah berupa uang tunai," tambah Ansyari.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar