Menristekdikti upayakan rehabilitasi PTN yang terimbas gempa Ambon

id Gempa ambon, rehabilitasi pascagempa Ambon

Menristekdikti upayakan rehabilitasi PTN yang terimbas gempa Ambon

Warga Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah tidur dan menginap di Masjid kuno Wapauwe (27/9) (Shariva Alaidrus)

Ngawi, Jawa Tengah (ANTARA) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan akan mengecek kerusakan serta mengupayakan dana rehabilitasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Pattimura (Unpatti) yang terdampak gempa Ambon dengan magnitudo 6,5 pada Kamis (26/9).

“Kita akan tengok Universitas Pattimura secepatnya seperti apa karena kabarnya bangunannya ada yang rontok,” kata Nasir disela-sela mengujicobakan rumah cepat tahan gempa berbahan UPVC di Ngawi, Jawa Tengah, Jumat.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), menurut dia, juga akan mengecek kondisi anggaran yang dimiliki di 2019, apakah masih ada dana yang dapat dialihkan untuk membantu rehabilitasi gedung Unpatti.
 

“Apakah bisa masukkan dari SBSN, karena sebelumnya Rp90 miliar itu sebenarnya sudah ada posnya. Tapi ini karena bencana ya kita upayakan,” ujar dia.

Saat ditanya soal ada tidaknya mahasiswa terdampak gempa Ambon, ia mengatakan tidak ada korban.

Nasir juga mengatakan sudah membuat pusat riset gempa atau kebencanaan, baik itu banjir, tsunami maupun gempa.

Sementara itu, katanya, pembahasan dengan pihak di Amerika Serikat yang ingin memberikan pemahaman masyarakat terhadap potensi gempa dan tsunami, khususnya di pesisir selatan Jawa berhadapan dengan Samudera Hindia.
 

Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar