Dua wali kota di Filipina segera kunjungi Sangihe tingkatkan kerja sama

id walikota gensan

Dua wali kota di Filipina segera kunjungi Sangihe tingkatkan kerja sama

Pertemuan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana dengan dua wali kota di Filipina (1)

Sulut, Tahuna (ANTARA) - Dua wali kota di Filipina yaitu Wali Kota General Santos dan Wali Kota Mindanau Filipina segera berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk meningkatkan kerja sama terutama dalam bidang ekonomi dan perdagangan.

"Wali Kota General Santos dan Wali Kota Mindanau berjanji mengunjungi Kabupaten Sangihe pada akhir Oktober ini," kata Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana saat di Filipina dan dihubungi dari Sangihe, Jumat.

Menurut Jabes, kunjungan dua wali kota tersebut sebagai tindak lanjut atau balasan dari kunjungan jajaran Pemerintah Kabupaten Sangihe.

"Kunjungan kami saat ini ke Filipina akan ditindaklanjuti dengan kunjungan balasan oleh Wali Kota General Santos dan Wali Kota Mindanau, sesuai janji Wali Kota General Santos, Ronald Rivera," kata Jabes.

Menurut dia, kunjungan jajaran Pemkab Sangihe ke Filipina selama tiga hari untuk merintis kerja sama dalam berbagai bidang dengan Kota General Santos serta Mindanau Developement Otority (Minda) yang mengurus semua otoritas khusus di Mindanau.

"Pemerintah Kota General Santos dan Mindanau menyambut positif usaha Pemkab Sangihe untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang sehingga akan ditindaklanjuti dengan kunjungan balasan pada akhir bulan ini," katanya.

Jabes mengatakan ada beberapa hal yang harus dilengkapi oleh Pemkab Sangihe dan Pemkot Gensan serta Pemkot Mindanau berdasarkan aturan yang berlaku.

"Beberapa dokumen kesepakatan akan ditandatangani bersama guna menindaklanjuti pertemuan yang sudah dilakukan oleh Pemkab Sangihe dan Mindanau serta General Santos," katanya.

Dia berharap kerja sama dengan Pemerintah Filipina bisa terwujud demi peningkatan taraf ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Kami berharap dengan dibukanya kembali jalur dagang antarnegara dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat Sangihe," kata Jabes.

Menurut dia, Pemkot General Santos mengakui Kabupaten Sangihe memiliki sumber daya alam melimpah termasuk hasil laut.

"Wali Kota General Santos mengakui sumber daya alam di laut Sangihe sangat melimpah sehingga akan menguntungkan dua belah pihak bila kerja sama ini terwujud," katanya.



Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar