Golkar tetapkan Ina Kartika sebagai Ketua DPRD Sulsel

id Partai Golkar, ketua DPRD Sulsel, Ina Kartika Sari, Nurdin Halid

Golkar tetapkan Ina Kartika sebagai Ketua DPRD Sulsel

Ketua DPD I Sulsel Nurdin Halid (dua kiri), Ketua definitif DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari (dua kanan) bersama pengurus Partai Golkar Sulsel berfoto bersama usai penetapan ketua DPRD Sulsel, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/10/2019). ANTARA/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya menetapkan Andi Ina Kartika Sari sebagai ketua definitif DPRD Sulsel periode 2019-2023.

"Berdasarkan surat dan keputusan Ketua Umum Partai Golkar, ibu Ina Kartika ditetapkan Ketua DPRD Sulsel," ujar Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Nurdin Halid saat memberikan keterangan pers di Makassar, Rabu.

Ia menegaskan, penentuan tersebut sudah sesuai dengan aturan partai dan penilaian secara objektif dalam menentukan pilihan mana yang layak menjadi ketua DPRD Sulsel.

Selain itu, sebelum penetapan kata dia, ada tujuh kandidat yang diajukan ke tingkat DPP Golkar untuk menjadi calon hingga akhirnya ditetapkan satu orang.

"Keputusan ketua umum dilakukan secara objektif, pasti ada pertimbangan-pertimbangannya. Ini baru pertama dalam sejarah di DPRD Sulsel dipimpin perempuan dari Golkar," ucapnya kepada wartawan.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia ini mengungkapkan, dari keputusan itu, partai tidak melihat dan membedakan antara laki-laki dan perempuan, selama masih bisa menjalankan amanah partai maka itulah keputusannya.

Tidak hanya itu, Ina Kartika sudah memenuhi syarat seperti jenjang pendidikan minimal Strata Satu (S1), dan terpilih kembali serta memiliki jabatan di organisasi kepartaian.

"Dia (Ina Kartika) sudah S2, dan pernah menjabat bendahara partai serta incumben jadi syaratnya sudah memenuhi," ungkap Nurdin saat ditanya wartawan indikator penetapan Ketua DPRD Sulsel tersebut.

Sementara itu, Andi Ina Kartika Sari usai mendengarkan penetapan itu langsung terharu, sebab keputusan tersebut sudah dipastikan oleh ketua umum maupun Ketua DPD I Sulsel secara langsung disaksikan media.

"Alhamdulillah, siang ini saya didefinitifkan sebagai ketua, saya berterima kasih kepada pak Nurdin Halid. Saya tidak pernah mengutus ataupun menghubungi siapapun, ini adalah garis tangan saya yang diberikan Tuhan," ujarnya.

"Ini adalah amanah besar partai dan tentu tugas yang akan saya jalankan sebagai ketua memimpin lembaga di DPRD Sulsel, mohon dukungannya," tambah Ina.

Sebelumnya, tujuh kandidat calon ketua yang diajukan ke tingkat DPP Golkar yakni, Fachruddin Rangga, Rahman Pina, Andi Ina Kartika Sari, Jhon Rende Mangontan, Sofyan Syam, Andi Hatta Marakarma, Ince Langke.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar