Pemkab Lutim gandeng Unhas cegah stunting dan karies gigi

id pemkab lutim ,lppm unhas,kesehatan gigi dan mulut,anak usia dini,stunting,caries gigi,thorig husler

Pemkab Lutim gandeng Unhas cegah stunting dan karies gigi

Bupati Luwu Timur HM Thoriq Husler (tujuh kiri) foto bersama narasumber dan peserta seminar "gerakan kebijakan pencegahan dan penanganan stunting melalui intervensi holistik kesehatan anak" di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Lutim, Selasa (8/10/2019). ANTARA/HO-Diskominfo Lutim

Malili (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) bekerjasama dengan Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kedokteran Gigi Anak LPPM Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar seminar, pelatihan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut anak usia dini di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Lutim, Selasa (8/10).

Kegiatan yang dibuka Bupati Luwu Timur HM Thoriq Husler tersebut mengambil tema "gerakan kebijakan pencegahan dan penanganan stunting melalui intervensi holistik kesehatan anak"  adalah merupakan program kemitraan dalam rangka Dies Natalis ke-63 Unhas berlangsung, pada 8-9 Oktober 2019.

Husler mengatakan program ini merupakan bentuk dukungan dan perhatian Unhas terhadap sektor kesehatan masyarakat utamanya kesehatan gigi dan mulut anak usia dini, serta apresiasi kegiatan ini.

"Selaku pemerintah saya berterima kasih dan mengapresiasi dukungan dan perhatian Unhas terhadap kesehatan warga kami khususnya kesehatan gigi dan mulut anak usia dini" katanya.

Bupati menambahkan, kesehataan bukan segalanya namun tanpa kesehatan segalanya tidak berarti apa-apa,  artinya bukan kesehatan yang mahal tapi sembuh dari penyakit itu yang mahal karena itu perbaiki pola makan dan minum, rajin berolahraga, perbanyak minum air putih maka tubuh akan selalu sehat.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini bertujuan untuk menjelaskan faktor dan resiko karies gigi pada anak. Dimana sebuah studi menunjukkan kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit ke bagian tubuh lainnya bakteri pada rongga mulut ternyata dapat menyebar melalui aliran darah.

Pendidikan kesehatan gigi sangat penting mulai dikenalkan pada usia prasekolah, bagaimana cara menyikat gigi yang benar, waktu menyikat gigi, makanan yang sehat dan lain sebagainya sudah mulai dikenalkan pada anak-anak pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Narasumber seminar dari Unhas antara lain Prof Dr drg Sumintarti, dr Aminuddin, Dr Kadek Ayu Erika, Dr dr Sri Ramadani, drg Hendrastuti Handayani, drg Israyani dan dr Aidah Juliyati.

Turut hadir pada acara ini Sekretaris Daerah Lutim Bahri Suli, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur Puspawati Husler, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lutim Masrah, para Kepala OPD.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar