Dinas Kesehatan Sulbar adakan monev PIS-PK

id Dinkes Sulbar

Dinas Kesehatan Sulbar adakan monev PIS-PK

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat mengadakan program Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk program Indonesia Sehat dengan Persetujuan Keluarga (PIS-PK) di Puskesmas Kabupaten Majene. 12/10 (Antaranews/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat mengadakan program Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk program Indonesia Sehat dengan Persetujuan Keluarga (PIS-PK) di Puskesmas Kabupaten Majene.

Kepala pelayanan kesehatan Dinkes Provinsi Sulbar, Dra Hj Sufiani, APT, M.Kes di.Mamuju, Sabtu, mengatakan, tim melaksanakan monev PIS-PK di  sejumlah puskesmas di antaranya PKM Sendana II, PKM Tammero'do, PKM Totoli, PKM Lembang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majene.

Ia mengatakan, implementasi PIS-PK diperuntukkan bagi kemudahan akses pelayanan kesehatan, persetujuan kesehatan, pembiayaan dan prasarana termasuk program kesehatan masyarakat dan perseorangan.

"Program tersebut mencakup seluruh keluarga di wilayah kerja Puskesmas dengan meperhatikan manajemen Puskesmas," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan Monev ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi terkait pelaksanan PIS - PK di Puskesmas kabupaten Majene.

Di samping itu untuk pembinaan Puskesmas agar PIS-PK dapat mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

"Program PIS-PK ini telah diintegrasikan dengan program pemerintah Sulbar yakni mandiri, cerdas, dan sehat (Marasa) sehingga dibutuhkan penguatan hubungan sektor untuk membuat program kesehatan," katanya.

Ia menilai, dalam pelaksanaan PIS-PK masih ada beberapa kendala seperti kesulitan menginput data karena lemahnya jaringan, permasalahan demografi yang sulit karena beberapa wilayah kerja Puskesmas tergantung di perbatasan, selain itu keterbatasan pengetahuan tentang aplikasi, dan data hasil kunjungan rumah tangga tidak diintervensi lebih lanjut secara maksimal pemerintah.

Oleh karena itu, ia meminta agar bimbingan baik dari Dinas Kesehatan kabupaten maupun dari Dinas Kesehatan provinsi terus dilakukan kepada puskesmas yang ada di Majene mendukung program kesehatan.b
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar