Mamuju dan Mamasa raih penghargaan eliminasi Malaria

id Dinkes Sulbar,Malaria

Mamuju dan Mamasa raih penghargaan eliminasi Malaria

Pemerintah Kabupaten Mamuju dan Mamasa Provinsi Sulawesi Barat menerima sertifikat penghargaan  eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. ANTARA/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju dan Mamasa di Provinsi Sulawesi Barat menerima sertifikat penghargaan eliminasi malaria dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Pengelola program Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, Fadliati SKM di Mamuju, Minggu mengatakan sertifikat penghargaan eliminasi malaria dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah diserahkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pada suata acara di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dikatakan, Kabupaten Mamuju dan Mamasa sudah layak mendapatkan eliminasi malaria dilihat dari capaian indikator program "Annual Parasite Incidence (API)".

"Berdasarkan API yang merupakan jumlah penderita malaria selama tiga tahun berturut-turut, penderita malaria di bawah 1 per 1000 penduduk, kemudian tidak ada kasus Indeginius atau kasus penularan setempat," katanya.

Menurut dia, kondisi itu berdasarkan hasil penilaian tim eliminasi Malaria dari Kementrian Kesehatan RI dan sudah sesuai dengan standar nasional .

Ia mengatakan, indikator sebuah daerah bebas malaria juga karena tidak terdapat kasus malaria pada penduduk local yang tidak pernah bepergian, dan adanya pengamatan ketat keluar-masuknya penduduk diwilayah terkait.

Ia berharap, setelah mendapat sertifikat eliminasi Malaria Kabupaten Mamuju dan Mamasa harus tetap mempertahankan capaian indikator program dan tetap mendapatkan dukungan pendanaan APBD untuk mempertahankan status Eliminasi Malaria.

Karena lanjutnya, untuk mempertahankan lebih sulit daripada untuk mendapatkan status Eliminasi Malaria.

"Untuk mendukung terlaksananya upaya eliminasi malaria, maka diharapkan semua instansi dan sektor terkait dapat merencanakan serta menyediakan anggaran yang diajukan setiap tahun sesuai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan," katanya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar