Sejumlah duta besar ucapkan selamat atas pelantikan Jokowi-Ma'ruf

id pelantikan jokowi-ma'ruf,duta besar negara sahabat

Sejumlah duta besar ucapkan selamat atas pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Presiden Joko Widodo (tengah) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (keenam kanan) berfoto bersama mantan-mantan presiden dan wakil presiden serta pimpinan MPR usai pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah duta besar negara sahabat Indonesia menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin atas pelantikan keduanya yang dilakukan di gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta, Minggu.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan menyampaikan ucapannya melalui cuitan di akun Twitter resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta @USEmbassyJakarta sesaat setelah pelantikan tersebut berakhir.

"Dubes Donovan mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi. AS berharap dapat terus memperkuat kemitraan yang luar biasa dengan Republik Indonesia," demikian cuitan tersebut yang juga melampirkan foto resmi Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

Sementara itu, terdapat dua cuitan di akun resmi Duta Besar Belanda Lambert Grijns, dengan dua foto yang berbeda. Kedua cuitan tersebut memberikan selamat kepada Presiden Jokowi atas pelantikan hari ini dan ucapan semoga sukses dalam menjalankan tugas lima tahun ke depan.

"Kami berharap agar hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda semakin erat ke depannya," demikian cuitan itu. Dubes Grijns juga menyertakan foto Presiden Jokowi saat mengucapkan sumpah dalam pelantikan, dan juga foto Presiden bersama PM Belanda Mark Rutte saat Rutte berkunjung ke Jakarta beberapa waktu yang lalu. Keduanya tampak mengenakan batik dan berbincang.
 
Duta Besar Jerman untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Peter Schoof, juga tak ketinggalan memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Semoga sukses untuk periode 2019-2024 dan untuk proyek-proyek yang akan Anda hadapi," tulisnya dalam cuitan berbahasa Inggris itu.

Sebelumnya, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode  2019-2024 setelah dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung MPR/DPR/DPD pada Minggu.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Joko Widodo membacakan sumpah jabatan disaksikan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Setelah Ma'ruf Amin membacakan sumpahnya dan keduanya menandatangani berita acara pelantikan yang juga ditandatangani seluruh pimpinan MPR, maka Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Disaksikan oleh jajaran pimpinan dan anggota MPR, menteri-menteri Kabinet Kerja I, kepala lembaga-lembaga negara, serta tamu undangan lain, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengambil sumpah jabatan mereka.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh beberapa kelapa negara seperti Perdana Menteri Australia Scott Marrison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, Raja eSwatini, Mswati III, Wakil Presiden China Wang Qishan, dan Menteri Transportasi Amerika Serikat Elaine Chao.

Selain itu, hadir juga duta-duta besar negara sahabat yang mewakili pemimpin negaranya masing-masing untuk menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar