Sigi alokasikan 10 persen APBD 2019 untuk anggaran desa

id sigi,anggaran desa,dana desa,pemkab sigi,bupati sigi

Sigi alokasikan 10 persen APBD 2019 untuk anggaran desa

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta (ANTARA)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendongkrak anggaran desa dengan mengalokasikan 10 persen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 demi pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Anggaran desa yang terdiri dari dana desa dan alokasi dana desa, diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat desa," kata Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Jumat.

Pengalokasian 10 persen anggaran desa dari APBD Sigi, di dalamnya  termasuk dengan alokasi anggaran bagi hasil pajak dan retribusi, untuk dimasukkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa.

Kabupaten Sigi pada tahun 2015 telah mendapat alokasi dana desa sebesar Rp111 miliar dialokasikan untuk 176 desa di 15 kecamatan yang ada di daerah itu.

Sementara, bantuan dana desa tahun anggaran 2016 yang dialokasikan pemerintah pusat untuk Provinsi Sulawesi Tengah mencapai Rp1,124 triliun. Sementara untuk tahun 2015, Sulteng mendapat bantuan dana desa sebesar Rp500.301 miliar.

Mohammad Irwan menyebut, sebagai fondasi kekuatan negara, pemerintah telah mengalokasikan anggaran bagi desa melalui dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD).

Ia mengatakan, anggaran desa tersebut, digunakan oleh desa untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan, maupun pemberdayaan masyarakat desa.

"Pengelolaan keuangan desa, harus dilakukan dengan transparan dan akuntabel dengan sasaran yang tepat yaitu untuk kesejahteraan masyarakatnya," katanya.

Dia mengingatkan kepada semua kepala desa dan perangkatnya untuk saling berkoordinasi serta membangun relasi yang baik antar sesama aparat desa termasuk BPD.





 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar