BI Sulsel gunakan metode Hazton bantu produktivitas padi di Kabupaten Gowa

id BI Sulsel, hasil demplot di Kabupaten Gowa, metode Hazton, peningkatan produktivitas padi, Kabupaten Gowa

BI Sulsel gunakan metode Hazton bantu produktivitas padi di Kabupaten Gowa

Panen perdana di demplot Kabupaten Gowa yang menjadi binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan. ANTARA Foto/HO/Humas BI Sulsel

Makassar (ANTARA) - Perwakilan Bank Indonesia di Sulawesi Selatan memberikan bimbingan teknis dengan metode Hazton untuk membantu peningkatan produktivitas pada di Kabupaten Gowa, Sulsel.

"Salah satu faktor pemicu inflasi bersumber dari pangan (beras), karena itu langkah konkret menekan inflasi di lapangan, kami membantu dengan pengembangan klaster padi," kata Direktur Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Endang Kurnia Saputra di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, upaya itu sejalan dengan tugas BI sebagai bank sentral untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, BI terus melakukan sinergi bersama stakeholder terkait.

Salah satu sinergi yang dilakukan yaitu menjaga inflasi melalui strategi 4K yakni Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Apalagi disadari, lanjut Endang, Sulsel adalah salah satu provinsi penyangga pangan nasional, khususnya memenuhi kebutuhan pangan di di Kawasan Timur Indonesia.

"Karena itu, perlu menjaga produktivitas dan efisiensi rantai distribusi sehingga harga beras senantiasa terjaga stabil," katanya.

Sebagai bentuk kontribusi nyata, Bank Indonesia melakukan pengembangan klaster padi di Kabupaten Gowa. Dari hasil demplot (uji coba lahan) tanam padi metode Hazton BI bekerjasama dengan Pemkab Gowa menghasilkan gabah kering panen 10,4 ton per ha dari sebelumnya hanya 6 ton per ha atau meningkat sekita 73,3 persen.

Selain itu, lanjut Endang, pihak BI juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana pendukung berupa Rice Milling Unit (RMU) dan mesin poles kepada Gapoktan Harapan Jaya dalam rangka mendukung efisiensi rantai distribusi.

Berkaitan dengan hal tersebut, hasil demplot di Kabupaten Gowa ini dapat direplikasi di daerah lainnya di Sulsel, bahkan di luar Provinsi Sulsel.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar