Indonesia ajukan pentingnya konsep kerja sama Indo-Pasifik di Thailand

id KTT Ke-35 ASEAN, presiden joko widodo, jokowi ke thailand, presiden jokowi

Indonesia ajukan pentingnya konsep kerja sama Indo-Pasifik di Thailand

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo hendak menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 di Lanud Halim, Jakarta untuk menuju Bangkok, Thailand pada Sabtu (2/11/2019). (Rusman, Biro Pers Setpres)

Jadi bagaimana Indo-Pasifik ini menjadi sebuah kekuatan ekonomi dimulai dengan kekuatan konektivitas yang kuat sehingga perdagangan akan semakin kuat dan kerja sama ekonomi akan semakin kuat
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo telah bertolak ke Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN di Bangkok membawa misi pentingnya kerja sama konsep Indo-Pasifik.

"Penekanannya adalah bagaimana meningkatkan konektivitas di kawasan Indo-Pasifik," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Menurut Pratikno, integrasi dalam konektivitas dapat mendorong perdagangan sehingga memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan.

"Jadi bagaimana Indo-Pasifik ini menjadi sebuah kekuatan ekonomi dimulai dengan kekuatan konektivitas yang kuat sehingga perdagangan akan semakin kuat dan kerja sama ekonomi akan semakin kuat," ujar Pratikno.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo bersama rombongan terbatas bertolak menuju Thailand untuk menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN dan KTT terkait lain yang diselenggarakan pada 2-4 November 2019.

KTT tersebut mengangkat tema "Memajukan Kemitraan untuk Keberlanjutan" bertujuan memastikan kemitraan sejumlah negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan pertumbuhan di kawasan.

Sejumlah rangkaian pertemuan yang juga akan dihadiri Presiden antara lain KTT Ke-22 ASEAN-Tiongkok, KTT Ke-16 ASEAN-India, KTT Ke-10 ASEAN-PBB, KTT Ke-7 ASEAN-Amerika Serikat, Pertemuan Para Pemimpin ASEAN Plus Three dengan Dewan Bisnis Asia Timur, KTT Ke-22 ASEAN Plus Three, KTT Ke-14 Asia Timur, KTT Ke-22 ASEAN-Jepang, dan KTT Ke-3 Kemitraan Komprehensif Ekonomi Regional.
 
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar