PLN raih penghargaan Best Marketing BUMN 2019

id Bumn track, penghargaan bUMN,BUMN

PLN raih penghargaan Best Marketing BUMN 2019

Ketua Dewan Juri BUMN and Marketing 2019 sekaligus Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia Prof Rhenald Kasali. (ANTARA/Ade Irma Junida)

Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) meraih penghargaan sebagai The Best Marketing BUMN 2019 dalam BUMN Branding & Marketing Award 2019 yang digelar BUMN Track.

Selain PLN, PT Angkasa Pura I (Persero) yang mengelola 14 bandara di wilayah Indonesia Tengah dan Timur meraih The Best Branding dalam rangkaian acada yang sama. Sementara PT INKA (Persero) meraih The Best Indikator Global atas keberhasilannya mengekspor gerbong kereta ke beberapa negara secara berkelanjutan.

"Kami lihat kinerja branding dan marketing BUMN ini semakin meningkat, jadi rasanya sudah siap bersaing secara global," kata CEO BUMN Track SH Sutarto di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan antusiasme peserta pada acara yang digelar untuk ketujuh kalinya tahun ini itu juga cukup tinggi. Tercatat 92 BUMN dan anak perusahaan BUMN ikut serta di mana ada 77 perusahaan yang lolos tahap seleksi wawancara dan presentasi.

"Mengingat kekuatan branding dan marketing yang jadi pilar utama dalam industri 4.0, kami melihat banyak BUMN yang cukup baik. Misal Angkasa Pura I, PLN dan juga INKA yang dulu mungkin tidak dilirik KAI tapi malah sudah bisa ekspor ke Bangladesh," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri BUMN and Marketing 2019 sekaligus Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia Prof Rhenald Kasali menilai digital marketing sebagai bagian dari transformasi digital telah membuat BUMN mampu bersaing di luar batas dan memiliki kualitas dengan polan pikir global.

"BUMN dinilai sudah mampu memberikan kontribusi ekonomi yang tinggi. Ada banyak fakta BUMN mulai bergerak, tidak lagi menjadi lazy company. Melalui ajang ini, bagaimana inovasi yang terus dikembangkan mampu menjadikan BUMN bersaing di kancah global," ungkap Rhenald.

Pada kategori The Best CMO (Chief Marketing Officer), Devy Suradji yang menjabat sebagai Direktur Marketing & Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) dinobatkan sebagai The Best CMO BUMN.

Sementara The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diraih oleh Romulo Hutapea sebagai Direktur Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga. Ada pun The Best CMO BUMN Tbk adalah Bambang Rianto Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero), Tbk dan pemenang The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diserahkan kepada Dilo Seno Widagdo sebagai Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

Selanjutnya, peraih The Best Corporate Anak Perusahaan BUMN diterima oleh PT Telkomsel sebagai The Best Branding, PT Infomedia Nusantara sebagai The Best Marketing dan PT Pertamina Lubricants peraih The Best Indikator Global.

Kemudian, penerima The Best Corporate Tbk diraih oleh PT Jasa Marga selaku The Best Branding, kemudian PT GMF AeroAsia Tbk sebagai The Best Marketing dan PT Waskita Karya Tbk selaku peraih The Best Indikator Global.

Untuk kategori khusus The Best CEO BUMN, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Farid Padang dinobatkan sebagai The Best CEO Strategic Connectivity, sedangkan Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Milfan Rantawi meraih The Best CEO Strategic Innitiative Collaboration dan Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) M. Kuncoro Wibowo sebagai The Best CEO Integrated Operation serta Direktur Utama PT. Phapros, Tbk Barokah Sri Utami sebagai The Best CEO Product Development.


 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar