Presiden Korsel terima Direktur Pemberitaan ANTARA

id Sidang Umum OANA, OANA, Kantor Berita Asia Pasifik

Presiden Korsel  terima Direktur Pemberitaan ANTARA

Berkas Sidang Umum ke-17 Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA) di Seoul, Korea Selatan, 6-9 November 2019. (ANTARA/Budi Setiawanto)

Seoul (ANTARA) - Sidang Umum ke-17 Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA) berlangsung di Seoul pada 6-9 November 2019 dan Presiden Korsel Moon Jae-in dijadwalkan menerima Direktur Pemberitaan ANTARA Akhmad Munir beserta pimpinan kantor berita dari 35 negara pada Kamis (7/11).

Wartawan ANTARA dari Hotel Lotte Seoul yang dijadikan tempat penyelenggaraan sidang tiga tahunan tersebut, Rabu, melaporkan, panitia penyelenggara dari Kantor Berita Korsel, Yonhap, memastikan Presiden Moon di kantornya, dijadwalkan menerima pimpinan kantor berita anggota OANA pada Kamis setelah jam makan siang waktu setempat.

Direktur Pemberitaan ANTARA Akhmad Munir menyatakan bahwa suatu kehormatan bagi seluruh ketua delegasi anggota OANA dapat diterima oleh Presiden Moon dan menunjukkan keramahtamahan pemerintah Korsel, termasuk kantor berita Yonhap, dalam menyambut tamu dari berbagai negara.



Saat Kantor Berita ANTARA menjadi Presiden OANA dan tuan rumah Sidang Umum ke-13 OANA, Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 11 Desember 2007 di Istana Wakil Presiden, juga menerima para ketua delegasi OANA dan seluruh tamu tersebut juga menghadiri puncak acara HUT ke-70 ANTARA pada 13 Desember 2007.

Sebelumnya ANTARA juga telah dua kali menjadi Presiden OANA dan menjadi tuan rumah Sidang Umum ke-4 OANA pada tahun 1979 dan Sidang Umum ke-7 OANA pada tahun 1988.

Informasi yang diperoleh dari Kantor Berita Yonhap menyebutkan terdapat 43 kantor berita dari 35 negara yang menjadi anggota OANA. Dari jumlah tersebut, Sidang Umum ke-17 kali ini akan dihadiri langsung oleh pimpinan dari 32 kantor berita di 28 negara.



Pejabat dari Kantor Kepresidenan Korsel, Cheong Wa Dae, yang dikutip Yonhap pada Selasa (5/11), menyebutkan, dalam pertemuan dengan pimpinan kantor berita anggota OANA, Presiden Moon diharapkan menjelaskan upaya perdamaian dan kesejahteraan dari pemerintahannya dengan Pemerintah Korea Utara di Semenanjung Korea dan peranan media dalam proses tersebut.

Presiden Moon juga diharapkan menyampaikan soal konferensi tingkat tinggi peringatan ASEAN-Korsel yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini dan soal Mekong-Korsel yang akan diselenggarakan di Busan, Korsel, pada 25-27 November 2019.

Pertemuan tiga hari itu menjadi peristiwa diplomatik terbesar di Korsel sejak Moon menjabat sebagai Presiden pada Mei 2017.

Sementara itu dalam Sidang Umum ke-17 ini, akan diumumkan secara resmi bahwa Kantor Berita Yonhap, di bawah kepemimpinan Cho Sung-boo, menjadi Presiden OANA untuk periode 2019-2022 dan Yonhap akan membentuk sekretariat untuk menyiapkan berbagai agenda pertemuan OANA, menyampaikan berbagai informasi kepada seluruh anggota OANA, dan mengelola portal resmi OANA.



Yonhap terpilih pada Sidang Umum ke-16 di Baku, Azerbaijan pada 2016 saat pimpinan OANA untuk periode 2016-2019 diketuai oleh kantor berita Azertac dari Azerbaijan.

Yonhap sebelumnya telah menjadi tuan rumah bagi KTT OANA pada 2010 dan pertemuan Dewan Pelaksana OANA pada 2015.

OANA dibentuk di Bangkok, Thailand, pada 22 Desember 1961 sebagai forum pertukaran berita antar kantor berita di kawasan Asia Pasifik dan penguatan kerja sama.

Sidang Umum ke-17 OANA di Seoul ini bertema "New Challenges for Journalism: Technological Innovations and Issues of Trust" (Tantangan Baru Jurnalisme: Inovasi Teknologi dan Isu Kepercayaan).
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar