Dinas Kesehatan Sulbar siapkan informasi kesehatan daerah

id informasi kesehatan daerah,sikda sulbar

Dinas Kesehatan Sulbar siapkan informasi kesehatan daerah

Kegiatan Workshop sistem informasi kesehatan (Sikda) Generik di Mamuju (6/11) (ANTARA/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan aplikasi informasi kesehatan daerah yang disebut Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) generik.

"SIKDA generik adalah aplikasi sistem informasi kesehatan daerah yang berlaku secara nasional yang terhubung secara online dan terintegrasi di seluruh puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya, baik milik pemerintah maupun swasta, dinas kesehatan kabupaten dan kota, dinas kesehatan provinsi, dan Kementerian Kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dr. H. Muhammad Alief Satria Lahmuddin di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dengan meningkatkan kualitas dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.



Aplikasi SIKDA Generik dirancang dan dibuat untuk memfasilitasi petugas puskesmas saat melakukan pelaporan ke berbagai program di Kementerian Kesehatan.

Dengan demikian, data aliran dari tingkat bawah hingga ke pusat dapat diakses dengan mudah, terstandar, sesuai waktu, dan dapat disesuaikan sesuai dengan yang diharapkan.

Diharapkan aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat komunikasi pengelola data dan informasi di daerah, dapat saling bertukar data dan informasi, serta membantu pengelola data dan informasi agar selalu siap menyediakan data atau pengaturan kebutuhan kesehatan lengkap dan disediakan bukti.

Menurut dia, kegiatan Workshop Sikda Generik di Sulbar agar petugas SIKDA Generik mampu mempersiapkan atau melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan data pelayanan dan memahami tentang aplikasi SIKDA Generik tersebut serta mampu mengimplementasikan aplikasi SIKDA Generik.

Sehingga lanjutnya dimiliki data yang akurat dalam pelaksanaan program kegiatan pembangunan kesehatan dan data ini nantinya dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan kesehatan di Provinsi Sulbar.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar