Dampak ekonomi langsung Tokopedia di Sulsel capai omset Rp500 miliar

id Tokopedia,bangun kemitraan,persebaran tenaga kerja, Makasss

Dampak ekonomi langsung Tokopedia di Sulsel capai omset Rp500 miliar

External Communication Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya bersama tiga mitra Tokopedia masing-masing Produsen Kopi Ujung, Jhon Cedra, pengelola Rumah Bumbu Ratna, Abd Wahab dan pemilik toko Kelontong  Yanthy di Makassar, Kamis (7/11/2019). ANTARA Foto/Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - External Communication Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, dampak ekonomi langsung Tokopedia di Sulawesi Selatan mencapai omset sekitar Rp500 miliar.

"Dampak ekonomi langsung itu juga terkait dengan persebaran lapangan kerja di Sulsel yang tercatat 7.194 lapangan kerja dari hasil survei LPEM FEB Universitas Indonesia bekerja sama Tokopedia," kata Ekhel pada Briefing dan Workshop Media di Makassar, Kamis.

Menurut dia, dalam satu dekade sejak kehadiran Tokopedia telah memberikan dampak ekonomi secara nasional dan juga daerah dengan cara membantu para pembeli, penjual dan mitra strategis lainnya berevolusi menjadi 'perusahaan teknologi.

Hal itu relevan dengan perkembangan zaman melalui ekosistem Tokopedia dengan mengedepankan teknologi digital dalam bertransaksi. Kondisi ini tentu lebih mempermudah seluruh masyarakat untuk mengakses barang kebutuhannya ataupun menjual produk tertentu.

Khusus dukungan Tokopedia terhadap perkembangan ekonomi di Sulsel, lanjut dia, pada 2018 perusahaan digital ini menyumpang Rp523,6 miliar GDP dan diperkirakan akan semakin meningkat tahun ini dengan target sekira Rp1,4 triliun.

"Untuk total pendapatan rumah tangga di Sulsel, Tokopedia menyumbang Rp160,3 miliar pada 2018 dan diprediksi pada 2019 naik menjadi Rp440,1 miliar," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama tiga mitra yang dihadirkan Tokopedia masing-masing Produsen Kopi Ujung, Jhon Cedra, pengelola Rumah Bumbu Ratna, Abd Wahab dan pemilik toko Kelontong Yanthy.

Ketiga mitra Tokopedia ini mengaku bersyukur telah mendapatkan kesempatan untuk menawarkan produknya melalui Tokopedia tanpa melalui proses yang ribet dan lama.

"Kami cukup mendaftar melalui aplikasi saja, lalu melampirkan scan KTP dan pas foto, setelah diverifikasi dapat langsung menawarkan produknya pada calon customer di Tokopedia untuk segera dipasarkan," kata Abd Wahab yang sudah memasarkan 6 jenis bumbu khas Sulsel dan 6 jenis bumbu nusantara.
Suasana kegiatan media briefing dan workshop media dengan pemateri External Communication Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya di Makassar, Kamis (7/11/2019). ANTARA Foto/Suriani Mappong
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar