Peringatan Hari Jadi Makassar ke-412 tahun dirayakan sederhana

id Hari jadi Makassar, upacara memperingati hari jadi, HUT kota Makassar,hari jadi kota makassar

Peringatan Hari Jadi Makassar ke-412 tahun dirayakan sederhana

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb (dua kanan) bersalam dengan tamu undangan usai mengikuti upacara Hari Jadi Kota Makassar ke 412 di tribun lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (9/11/2019). FOTO/HO/Humas Pemkot Makassar.

Alhamdulillah, kita telah mendengarkan progres peningkatkan prestasi yang telah dicapai Kota Makassar. Tentu ini berkat sinergi, kolaborasi yang telah kita lakukan untuk membantu Penjabat Wali Kota Makassar. Maupun hasil-hasil yang telah dicapai wali
Makassar (ANTARA) - Upacara memperingati Hari Jadi Kota Makassar ke-412 tahun diwarnai pengenaan pakaian adat dengan nuansa hangat penuh kesederhanaan di tribun lapangan Karebosi, jalan Ahmad Yani Makassar, Sabtu.

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah dalam sambutannya menitip pesan kepada Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar agar lebih memperhatikan dan memperbaiki infrastruktur apalagi menjelang masuknya musim hujan.

"Masih banyak ditemukan got, drainase, dan jalan yang butuh perhatian khusus. Tolong pak wali diperhatikan apalagi ini memasuki musim penghujan," papar Nurdin.

Selain itu, ia juga mengapresiasi apa yang telah dicapai Kota Makassar di usia 412 tahun ini atas capaian prestasi yang membanggakan daerah selama ini.

"Alhamdulillah, kita telah mendengarkan progres peningkatkan prestasi yang telah dicapai Kota Makassar. Tentu ini berkat sinergi, kolaborasi yang telah kita lakukan untuk membantu Penjabat Wali Kota Makassar. Maupun hasil-hasil yang telah dicapai wali kota sebelumnya," tutur dia.

Pada kesempatan ini, Nurdin meminta agar semua unsur mendukung Penjabat Wali Kota Iqbal Suhaeb dalam menjalankan tugasnya agar cita-cita dan program Pemerintah Kota secara bersama-sama dapat dicapai.

"Sekali lagi saya titip kepada seluruh pejabat Pemerintah Kota Makassar di ulang tahun ke-412 ini, mari kita dukung pak wali. Mari kita bekerja profesional tidak ada sekat, tidak ada kubu-kubu itu saya minta, itu saya tegaskan," ucap mantan Bupati Bantaeng dua priode itu.

Selain Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Ketua TP PKK Sulsel Liestiaty F Nurdin, hadir pula Pj Wali Kota Makkasar M Iqbal Suhaeb bersama istrinya selKi Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal.

Selanjutnya, Kapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur, Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas, Dandim 1408 BS Letkol Inf Andriyanto, Kapolres Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo,

Hadir pula Kajari Makassar Nurni Farahyanti, dan Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo. Mantan Wali Kota, Wakil Wali Kota, serta mantan Sekretaris Daerah Kota Makassar.

Hari jadi Makassar ini mengusung tema 'Clean, Comfort, and Continity'. Pada acara itu banyak harapan yang dicurahkan untuk perkembangan dan pertumbuhan pembangunan di Kota Daeng itu.

Menjawab keinginan gubernur, Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb pada kesempatan itu meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi. Ia pun meminta agar seluruh SKPD meningkatkan kinerja dan bersama membangun kota.

"Perhatian Pemkot saat ini adalah perbaikan infrastruktur dan juga kebersihan. Saya minta kepada seluruh SKPD agar senantiasa meningkatkan kinerja demi mewujudkan visi misi Makassar," ujarnya.

Dihari jadi Kota Makassar ke-412 ini, tambah dia, adalah sebuah perjalanan panjang sejak perjuangan para pendahulu. Kota Makassar mengalami perkembangan signifikan karena kerja dari pemerintah dan juga sektor swasta serta masyarakat kota.

Untuk kondisi Makassar terkini, papar Iqbal, dari data BPS tahun 2019 diperoleh indikator pertumbuhan ekonomi 8,60 persen, inflasi 3,10 persen, kemiskinan 4,41 persen, gini ratio 0,39 persen, PAD Rp1,6 triliun, APBD Rp4,2 triliun, belanja modal 36 persen, PDRB (ADHB) Rp181 triliun, pendapatan per kapita Rp122 juta dan Kepuasan Masyarakat 77,47 persen.

"Apa yang digambarkan ini menunjukkan Pemerintah Kota Makassar telah melakukan sesuai dengan koridor pelayanan pemerintahan," kata Iqbal.

Disela acara juga diserahkan berbagai penghargaan dan bantuan termasuk penyerahan 27 ambulans kepada Puskesmas dan Kapal Pelayanan Rakyat (Pelra) Banawa Nusantara 2019.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar