Disdukcapildalduk Sulsel Dorong Penuntasan e-KTP sukseskan pilkada 2020

id Disdukcapil dal dukungan sulsel,E-ktp,Pilkada serentak

Disdukcapildalduk Sulsel Dorong Penuntasan e-KTP sukseskan pilkada 2020

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan sambutan pada rapat koordinasi rekam e-KTP di Makassar, Kamis (14/11). ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Disdukcapildalduk dan KB) Sulsel, mendorong penuntasan rekam cetak KTP elektronik atau e-KTP, untuk mendukung sukses Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Kepala Disdukcapildalduk dan KB Sulsel, Sukarniaty Kondolele mengatakan, saat ini era administrasi kependudukan sudah memasuki era digital.

"Karena digunakan untuk berbagai kepentingan, pemerintah kabupaten kota harus menjaga keakuratan data kependudukan," ujarnya pada Rakor yang dihadiri Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Tavip Piyono dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Kamis.

Verifikasi nama menuju verifikasi NIK, kata Sukarniaty, lebih cepat dan efektif untuk digunakan dalam berbagai kepentingan, termasuk pilkada. Di Sulsel, akan dilakukan Pilkada Serentak di 12 daerah, sehingga Discapil harus mendorong penuntasan rekam cetak e-KTP.

Rakor ini, lanjutnya, juga untuk memberi pemahaman kepada kabupaten kota tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat pada Discapil, sehingga Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se Sulsel juga turut diundang. Kurangnya pemahaman BKD, terbukti dengan adanya sanksi untuk beberapa daerah dari Kemendagri, karena dilakukan pergantian tanpa adanya koordinasi.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi rakor yang dilaksanakan Disdukcapildalduk dan KB Sulsel, dengan mengundang semua stakeholder terkait, termasuk KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 mendatang. Ia berharap, ke depan semua OPD dan lembaga, data kependudukannya merujuk pada data Disdukcapildalduk dan KB Sulsel.

"Dengan adanya rakor ini, ke depan bisa meminimalisir kesalahan data kependudukan hingga isu-isu pemilih siluman pada Pilkada Serentak 2020 mendatang. Tetap bekerja keras, dan kalau ada yang kurang, langsung koordinasi," pesan Andi Sudirman.

Pada acara tersebut, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman juga memberikan penghargaan kepada daerah yang cakupan akta kelahirannya terbaik. Adapun yang menerima penghargaan, masing-masing Pemkot Parepare, Pemkab Sinjai, Soppeng, Pemkot Makassar, dan Pemkab Wajo.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar