Inggris gelar pesta gol ke putaran final

id timnas inggris,timnas montenegro,kualifikasi euro,kualifikasi piala eropa

Inggris gelar pesta gol ke putaran final

Penyerang tim nasional Inggris Harry Kane (kanan) merayakan gol ketiganya ke gawang Montenegro dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup A di Stadion Wembley, London, Inggris, Kamis (14/11/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Inggris menggelar pesta gol guna memastikan langkah mereka menuju ke putaran final Piala Eropa 2020 seusai melumat habis Montenegro 7-0 di Stadion Wembley, London, Kamis setempat (Jumat WIB).

Kemenangan itu membuat Inggris memantapkan posisinya di puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan raihan 18 poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Harry Kane urun raihan trigol dalam pesta tim Inggris yang dibuka dengan gol Alex Oxlade-Chamberlain dan diwarnai gol-gol Marcus Rashford, Tammy Abraham serta sebuah gol bunuh diri Aleksandar Sofranac.

Laga itu menandai 1.000 pertandingan timnas Inggris sepanjang masa yang awalnya sempat diwarnai drama ruang ganti antara Raheem Sterling dan Joe Gomez, namun berakhir dengan manis karena tim besutan Gareth Southgate itu memastikan kelolosan mereka ke Piala Eropa 2020.

Inggris tampil dominan sejak sepak mula dan mampu membuka keunggulan saat laga baru berjalan 11 menit ketika tren gol Oxlade-Chamberlain di Liverpool menular ke The Three Lions.

Oxlade-Chamberlain melepaskan tembakan keras seusai menerima umpan silang kiriman Ben Chilweel demi kembali mencetak gol lagi untuk timnas Inggris sejak 2017.

Setelah dua peluang Inggris lewat Mason Mount dan Rashford masih bisa diselamatkan kiper Milan Mijatovic, tuan rumah menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-18 lewat sundulan Kane atas bola tendangan bebas Chilwell.

Enam menit berselang, Chilwell membukukan assist ketiganya yang diselesaikan dengan sundulan lagi oleh Kane di area tiang dekat untuk menambah keunggulan Inggris menjadi 3-0.

Montenegro berusaha membalas namun bola tandukan Marko Simic pada menit ke-27 masih bisa dimentahkan kiper Jordan Pickford dan ironisnya gawang mereka justru kebobolan lagi tiga menit kemudian saat Rashford menyambar bola muntah hasil sundulan Harry Maguire yang sempat ditepis Mijatovic.

Pada menit ke-37, Kane mencapai raihan trigolnya ketika memperoleh bola liar hasil upaya umpan silang Jadon Sancho yang membentur pemain lawan. Penyerang Tottenham itu melakukan satu sentuhan sebelum membenamkan bola ke sudut kiri bawah gawang demi membuat Inggris unggul 5-0 atas Montenegro.

Skor 5-0 bertahan hingga turun minum dan 10 menit memasuki babak kedua Mount berhasil menyarangkan bola ke gawang Montenegro lagi lewat sambaran bola muntah hasil tembakan Kane, namun gol itu dianulir karena posisi offside.

Gol keenam Inggris lahir pada menit ke-66 dari kaki Sofranac yang berusaha menghalau tembakan Mount namun malah membuat bola bersarang ke dalam gawang Montenegro sendiri.

Setelah tempo pertandingan terlihat melambat enam menit jelang waktu normal berakhir, Abraham akhirnya membuka gol debutnya untuk timnas Inggris demi memastikan kemenangan tuan rumah menjadi 7-0 atas Montenegro.

Susunan pemain:

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Trent Alexander-Arnold, John Stones, Harry Maguire, Ben Chilwell; Alex Oxlade-Chamberlain (James Maddison), Harry Winks, Mason Mount (Joe Gomez); Jadon Sancho, Harry Kane (Tammy Abraham), Marcus Rashford
Pelatih: Gareth Southgate

Montenegro (4-3-2-1): Milan Mijatovic; Marko Vesovic, Aleksandar Sofranac, Marko Simic, Risto Radunovic (Momcilo Raspopovic); Deni Hocko, Dusan Lagator, Nikola Vukcevic; Vladimir Jovovic (Marko Jankovic), Sead Haksabanovic (Aleksandar Boljevic); Fatos Beciraj
Pelatih: Faruk Hadzibegic
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar