Pemerintah Aceh siap promosikan hortikultura unggulan

id Aceh,Pemprov Aceh,Pemerintah Aceh,Hortikultura,Pangan Aceh,Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh,Pertanian Aceh,Plt Gubern

Pemerintah Aceh siap promosikan hortikultura unggulan

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi (dua dari kanan), Kepala Distanbun Aceh A Hanan (dua dari kiri) saat pembukaan Aceh Agro Expo 2019 di Banda Aceh, Jumat (15/11/2019) (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun)  mempromosikan produk hortikultura unggulan provinsi setempat upaya membangun animo masyarakat untuk mengonsumsi produk milik lokal.

Kepala Distanbun Aceh A Hanan mengatakan promosi itu dilakukan melalui Aceh Agro Expo 2019. Kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan secara luas perkembangan sektor pertanian dan pangan kepada masyarakat.

"Kita ingin mempublikasikan dan menggalakkan masyarakat Aceh untuk bisa mengonsumsikan buah lokal yang kemudian memberi nilai tambah kepada masyarakat kita," katanya di sela-sela pembukaan Aceh Agro Expo 2019 di Banda Aceh, Jumat.

Dia menyebutkan dalam kegiatan tersebut menghadirkan sebanyak 600 orang peserta yang meliputi penguru Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkah provinsi dan kabupaten/kota, serta para pelaku pertanian di seluruh Aceh. Mereka memamerkan produk-produk hortikultura unggulan dari daerah masing-masing.

"Acara ini ada pameran yang diikuti dinas dalam ruang lingkung Kementerian Pertanian, pelaku pertanian, serta UKM atau pasar tani Aceh. Sosialisasi Konstratani, serta pelepasan petani milenial magang ke Songkla Thailand dan acara rembuk kontak tani," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Prof Dedi Nursyamsi menyebutkan pihaknya mengapresiasi Aceh Agro Expo tersebut, dengan harapan dapat melahirkan inovasi teknologi yang dapat mendongkrak komoditas pertanian.

"Yang ujungnya komoditas kita memiliki daya saing tinggi, selain memenuhi kebutuhan dalam negeri juga dapat diekspor," kata dia.
 

Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar