Bupati Lutim : Rakor TPID untuk pastikan ketersediaan bahan pokok

id bupati lutim,thorig husler,rakor tpid sulsel,natal,tahun baru

Bupati Lutim : Rakor TPID untuk pastikan ketersediaan bahan pokok

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (dua kanan), Bupati Lutim HM Tohrig Husler (kiri) di sela acara rakor TPID Sulsel di Makassar, Jumat (15/11/2019). ANTARA/HO-Diskominfo Lutim

Malili (ANTARA) - Bupati Luwu Timur (Lutim) HM Thorig Husler mengatakan rapat koordinasi (rakor) Tim Pengendali Infalasi Daerah (TPID) Sulawesi Selatan sangat penting dalam rangka memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mendukung penuh berbagai langkah dan upaya yang dilaksanakan, dalam rangka memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok," kata Husler yang hadir bersama Kabag Ekonomi dan Pembangunan Lutim Andi Wija Hasan pada Rakor  High Level Meeting TPID Sulsel  yang  dipimpin Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah,  di Makassar, Jumat (15/11).

Beberapa point penting dibahas dalam Rakor diantaranya sinergitas dan peran TPID dalam pengendalian inflasi, perkembangan dan resiko inflasi kedepan serta sinkronisasi kebijakan provinsi dan kabupaten/kota dalam pengendalian inflasi dan peran strategis aparat penegak hukum dalam pengendalian inflasi.

Rakor pengendalian inflasi merupakan wujud sinergi dan komitmen bersama untuk menjaga inflasi dalam level rendah dan stabil sebagai salah satu prasayarat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkesinambungan dan berkeadilan.

Baca juga: BI Sulsel : Inflasi Sulsel cukup rendah

Nurdin Abdullah mengatakan ada tiga strategi utama yang diimplementasikan yakni penguatan produksi dan distribusi, penguatan riset dan aplikasi teknologi tepat guna, dan penguatan skim pembiayaan produksi pertanian melalui sinergi untuk 4K (ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi kebijakan).

Secara khusus kata Nurdin Abdullah, upaya pengendalian yang telah dan akan dilakukan untuk stabilisasi harga di akhir tahun antara lain pemantauan harga secara lebih intensif terutama terhadap komoditas yang sesuai polanya menjadi penyumbang inflasi serta segera melaporkan apabila terjadi gejolak harga sehingga dapat diambil kebijakan dengan segera.

Rakor tersebut dihadiri bupati dan wali kota se-Sulsel, anggota DPRD Sulsel,  Polda Sulsel, Perwakilan Bank Indonesia Sulsel , OJK Regional Sulampua serta TPID Kabupaten/kota.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar