Sulbar ingin kedepankan upaya kesehatan promotif-preventif

id pemerintah sulawesi barat,hari kesehatan nasional

Sulbar ingin kedepankan upaya kesehatan promotif-preventif

Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar pada peringatan Hari kesehatan Nasional (HKN) di Mamuju, Sabtu (16/11/2019). (ANTARA/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat ingin mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam pembangunan kesehatan wilayah. 

"Pembangunan kesehatan merupakan upaya oleh seluruh komponen bangsa, oleh sebab itu upaya promotif preventif perlu dikedepankan," kata Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar pada peringatan Hari kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Mamuju, Sabtu.

Dengan upaya kesehatan promotif dan preventif, ia menjelaskan, produktivitas warga akan meningkat dan beban biaya kesehatan akan menurun.

Pemerintah, ia melanjutkan, telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk mendukung upaya kesehatan promotif dan preventif.

"Upaya promotif dan preventif hidup sehat memerlukan peran aktif seluruh masyarakat," katanya.

Ia juga mengemukakan pentingnya kesehatan dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Peningkatan SDM melalui pembangunan kesehatan selaras dengan komitmen Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan yang bertujuan menggalakkan upaya, mendorong hak asasi manusia, dan perhatian terhadap keterkaitan antara kemajuan sosial dan ekonomi serta perlindungan lingkungan hidup," katanya.

"SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa. HKN tidak saja dimiliki oleh kementerian kesehatan, tetapi juga oleh pemerintah daerah, kementerian lembaga daerah, kementerian dan lembaga terkait, organisasi masyarakat, akademis, hingga sektor swasta," kata Wakil Gubernur.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar