Pemkab Lutim siapkan Mahalona Raya jadi kawasan ekonomi baru

id pemkab lutim,thorig husler,mahalona raya,kawasan pertumbuhan ekonomi baru,pt vale

Pemkab Lutim siapkan Mahalona Raya jadi kawasan ekonomi baru

Bupati Lutim HM Thorig Husler (tengah) saat menghadiri peringatan 4 tahun Mahalona Raya di Desa Buangin, Lutim, Sabtu (16/11/2019). ANTARA/HO-Diskominfo Lutim

"Kalau pusat perbelanjaan sudah kita bangun, masyarakat dari Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah akan belanja di wilayah ini...
Malili (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) menyiapkan Mahalona Raya sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru di  kabupaten setempat, karena letaknya strategis berdekatan dengan Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

"Kalau pusat perbelanjaan sudah kita bangun, masyarakat dari Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah akan belanja di wilayah ini. Kedepan akan seperti wilayah Tomoni," kata Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler pada peringatan 4 tahun Mahalona Raya yang dihadiri ribuan warga di Desa Buangin, Mahalona Raya, Kecamatan Towuti, Lutim, Sabtu (16/11).

Menurut  Husler, Mahalona Raya masuk dalam Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) dan mendapat kucuran dana untuk pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Pusat serta dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan dana senilai Rp83 miliar.

"Bantuan Pemprov Sulsel tersebut  Rp6 miliar lanjutkan pembangunan poros Pekaloa- Mahalona dan sisanya untuk pembangunan poros Mahalona- Bantilang sejauh 47 km, termasuk pula jaringan listriknya yang akan mulai beroperasi dalam waktu dekat," ujarnya.

Terkait jembatan di SP4 yang kondisinya sudah tidak layak, Bupati Lutim menegaskan tahun ini akan segera dibangun agar aktivitas masyarakat kembali lancar.

"Meski tidak masuk dalam program APBD, tapi secara pribadi akan saya bangun jembatan itu untuk membantu masyarakat," imbuhnya.

Terkait acara ini,  Bupati menyerahkan bantuan tiga unit combine program PKPM PT Vale Indonesia kepada Bumdes dan satu unit combine dari Pemkab Lutim.

Acara ini juga dimeriahkan atraksi seni dan budaya serta pemberian door price untuk masyarakat.

Peringatan empat tahun Mahalona Raya juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Lutim Usman Sadik, Anggota DPRD Lutim Suprianto dan Arifin, para Kepala OPD, Camat Towuti Alimuddin Nasir, Kapolsek Towuti AKP Martinus Wemben, Managemen PT Vale Indonesia, dan para Kepala Desa se-Mahalona Raya yakni Desa Buangin, Tole, Kalosi,  Libukang Mandiri dan desa Mahalona.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar