160 orang ikuti simulasi CAT CPNS

id CPNS,CAT,simulasi CAT

160 orang ikuti simulasi CAT CPNS

Suasana kegiatan Simulasi Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel bekerjasama dengan Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Makassar yang digelar di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Minggu,(17/11).ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Sekitar 160 orang mengikuti Simulasi Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel bekerja sama dengan Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Makassar yang digelar di Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Minggu.

Salah seorang peserta, Artia, mengaku, cukup terbantu dengan diadakannya simulasi ini. Apalagi, ia sudah dua kali mengikuti tes CPNS dengan sistem CAT, namun selalu gagal.

"Dengan adanya simulasi ini, sangat membantu karena kita mendapat gambaran mengenai soal-soal CPNS dan cara pengisiannya," kata Artia.



Peserta lainnya, Asmi, berharap simulasi seperti ini lebih sering diadakan jelang tes CPNS. Saat simulasi, ia mendapat nilai 185.

"Ini menjadi pembelajaran, dan lebih memotivasi lagi kita untuk belajar supaya bisa lulus menjadi ASN," ucapnya.

Dalam kegiatan simulasi tersebut, panitia menyiapkan 20 unit laptop. Tiap peserta diberi waktu 30 menit, untuk menyelesaikan 50 soal.

Kepala BKD Sulsel, Asri Sahrun, mengatakan, melihat animo masyarakat yang begitu besar untuk merasakan langsung seperti apa penerimaan CPNS melalui sistem CAT, pihaknya merencanakan untuk melakukan simulasi dua putaran lagi. Rencananya, pekan depan akan dilaksanakan di CFD Boulevard, dan pekan berikutnya di Pantai Losari.

"Durasinya akan coba kita persingkat. Kalau hari ini 30 menit per orang, ke depan tinggal 15 menit biar lebih banyak yang merasakan," jelasnya.

Ia berharap, dengan simulasi ini, bisa mengurangi keluhan terkait sistem CAT. Selama ini, banyak yang mengeluh jika kegagalan mereka akibat tidak paham dengan sistem ini.

"Semoga ke depan kita bisa menjaring putra putri terbaik kita menjadi ASN," harapnya.

Pada simulasi tersebut, BKD menyiapkan hadiah menarik bagi peserta yang lolos passing grade.
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar