Data dan fakta manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho

id jose mourinho

Data dan fakta manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho

Jose Mourinho. ANTARA/Reuters

Jakarta (ANTARA) - Berikut ini data dan fakta tentang Jose Mourinho, yang ditunjuk sebagai manajer Tottenham Hotspur, seperti disiarkan Reuters, Rabu:

Nama Lengkap: José Mário dos Santos Mourinho Félix

Lahir 26 Januari 1963 di Setubal, Portugal (usia 56).

Sporting Lisbon 1992-96

1992 - Setelah karir sebagai pemain yang semenjana, ia menerima pekerjaan sebagai penerjemah bagi mantan manajer Inggris Bobby Robson di Sporting Lisbon.

1994-96 - Menjadi asisten pelatih Sporting.

Barcelona 1996

1996 - Pindah bersama Robson ke Barcelona pada 1996 dan membantu Barca memenangi Piala Raja, Super Cup dan Cup Winners' Cup Eropa.

Benfica 2000

2000 - Menerima pekerjaan pertamanya sebagai pelatih secara penuh di Benfica namun berselisih dengan presiden klub dan keluar.

Porto 2003-2005

Bergabung dengan Porto pada 2003 dan memenangi gelar ganda, yakni UEFA Cup danl piala Liga Portugal pada kali pertamanya memimpin satu musim penuh. Pada 2004, Porto memenangi gelar liga domestik kedua berturut-turut dan kemenangan 3-0 atas AS Monaco pada Liga Champions. Setelah pertandingan tersebut Mourinho mengatakan ia akan pergi dan segera ditunjuk sebagai pelatih Chelsea dalam kontrak tiga tahun.

Chelsea 2005-2007

Membawa Chelsea meraih gelar papan atas pertama mereka selama 50 tahun dan mereka mempertahankan trofi Liga Premier setahun kemudian.

Chelsea berakhir di urutan kedua pada liga di bawah Manchester United pada 2007 dan kalah dari Liverpool pada semifinal Liga Champions namun memenangi Piala Liga dan PIala FA.

Klub mengumumkan kepergian Mourinho pada September 2007 setelah berselisih dengan pemilik klub asal Rusia Roman Abramovich.

Inter Milan 2008-2010

Mourinho menggantikan Roberto Mancini sebagai pelatih Inter Milan pada Juni 2008. Memenangi gelar Serie A pada musim debutnya.

Pada 2010, ia mengakhiri penantian 45 tahun klub tersebut untuk meraih mahkota Eropa ketiga saat mereka menggenapi trebel Liga Champions, Serie A dan Piala Italia.

Ia keluar setelah serangkaian perselisihan dengan petinggi klub..

Real Madrid 2010-2013

Menjadi pelatih Real Madrid pada Mei 2010, menandatangani kontrak empat tahun.

Memenangi Piala Raja pada musim pertamanya.

Pada 2012, Real memenangi gelar La Liga pertama selama empat tahun, memecahkan rekor liga dan mengakhiri dominasi Barcelona.

Manjadi pelatih keempat, setelah Tomislav Ivic, Ernst Happel dan Giovanni Trapattoni, yang memenangi gelar liga dalam sedikitnya empat negara berbeda -- Portugal, Inggris, Italia dan Spanyol.

Mourinho menyetujui perpanjangan kontrak dua tahun pada Mei 2012 yang mengikatnya di Real hingga 2016.

Pertentangan di ruang ganti terjadi pada 2013 setelah kalah oleh Borussia Dortmund pada semifinal Liga Champions dan Mourinho serta Real mengakhiri musim di posisi bawah setelah kalah 1-2 dari Atletico Madrid pada final Piala Raja pada 17 Mei.

Beberapa hari kemudian diumumkan ia akan meninggalkan Real.

Chelsea 2013-2015

Mourinho ditunjuk sebagai manajer Chelsea untuk keduakalinya pada 3 Juni 2013, dalam kontrak empat tahun.

Pertandingan kompetitif pertamanya setelah kembali bertugas berakhir dengan kemenangan kandang 2-0 atas Hull City.

Pelatih asal Portugal itu menderita kekalahan kandang pertamanya pada liga sebagai manajer Chelsea, yakni 1-2 dari Sunderland pada 19 April 2014.

Setelah secara konsisten mengecilkan peluang gelar Chelsea, tim asuhan Mourinho berakhir di urutan ketiga, empat poin di bawah Manchester City yang jadi juara.

Setelah mengawali musim Liga Premier dengan kuat, Chelsea mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 pada final Piala Liga 2015 untuk meraih trofi pertama mereka pada musim itu, juga memberi Mourinho gelar pertama sejak kembali ke Stamford Bridge.

Chelsea dimahkotai sebagai juara liga pada 3 Mei setelah mengalahkan Crystal Palace dengan tiga pertandingan tersisa.

Mourinho dinobatkan sebagai manajer Liga Premier terbaik musim itu.

Pada malam menjelang musim 2015-16, Mourinho menandatangani kontrak kontrak baru empat tahun.

Pemegang gelar Chelsea tersingkir dari Piala Liga pada putaran keempat, kalah dalam adu penalti di Stoke City.

Tim kalah dalam sembilan dari 16 pertandingan pertama Liga Premier, meningkatkan spekulasi Abramovich akan memecat Mourinho.

Setelah kekalahan 1-2 di Leicester City, Mourinho menuduh sejumlah pemain "mengkhianati kerjanya" dan mengatakan ia merasa "malu" saat Chelsea hanya satu poin di bawah zona degradasi, 14 poin di luar posisi Liga Champions.

Chelsea mengumumkan pada 17 Desember bahwa Mourinho akan meninggalkan klub tersebut.

Manchester United 2016-2018

Mourinho ditunjuk sebagai manajer Manchester United pada 27 Mei 2016, dalam kontrak tiga tahun.

Ia meraih trofi pertama bersama United tiga bulan kemudian setelah timnya mengalahkan Leicester City dalam Community Shield pada 7 Agustus.

Memenangi pertandingan Liga Premier pertamanya saat bertugas -- di Bournemouth -- tujuh hari kemudian.

United berakhir di urutan keenam dalam liga pada musim pertama Mourinho, satu posisi lebih buruk dibanding musim sebelumnya, namun mengalahkan Ajax Amsterdam untuk memenangi Liga Europa UEFA.

Ia memimpin United ke urutan kedua pada Liga Premier pada musim 2017-18 namun tim tersebut mengakhiri perjalanan mereka 19 poin di bawah juara liga Manchester City.

Mourinho dikritik atas tersingkirnya United pada babak 16 besar Liga Champions di tangan Sevilla dan klub tersebut juga kalah pada final Piala FA 2018 dari klub lamanya Chelsea, mengakhiri musim tanpa trofi untuk pertamakalinya dalam tiga tahun.



United kalah dalam dua dari tiga pertandingan liga pertama mereka pada musim berikutnya, termasuk kekalahan 0-3 oleh Tottenham, yang menandai kekalahan kandang terbesar dalam karirnya. Mourinho mengeluhkan 'respek' kepada media seusai pertandingan.

United tersingkir dari Piala Liga oleh tim kasta kedua Derby County pada 25 September 2018 dan kekalahan 1-3 pada liga oleh West Ham United empat hari kemudian memastikan awal musim terburuk mereka dalam 29 tahun.

Pada bulan berikutnya, Mourinho diselidiki oleh FA setelah diduga bersumpah serapah dalam bahasa Portugis di depan kamera setelah kemenangan 3-2 atas Newcastle United.

United kalah 1-3 oleh Manchester City pada November dan kalah dari rival kuatnya Liverpool dengan skor yang sama pada 16 Desember, membuat mereka terpaut 19 poin dari puncak Liga Premier.

Pada 18 Desember, United mengumumkan bahwa Mourinho telah dipecat ketika klub tersebut berada di urutan keenam dalam Liga Premier.
 
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar