53 UMKM mendapat pelatihan "digital marketing" dari Pertamina

id UMKM, mitra Pertamina, Pertamina MOR VII Sulawesi, Hatim Ilwan, Makassar, pelatihan marketing digital

53 UMKM mendapat pelatihan "digital marketing" dari Pertamina

Manager Communication dan CSR MOR VII Sulawesi, Hatim Ilwan, saat membuka pelatihan strategi marketing digital UMKM mitra Pertamina di GOR kantor Pertamina setempat, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/11/2019). FOTO/HO/Humas Pertamina.

Makassar (ANTARA) - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi Selatan memberikan pelatihan kepada 53 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing usaha kecil di wilayah itu.

"Para mitra binaan diajak melek digital marketing dengan beragam aplikasi dan media sosial seperti Facebook, Whatsapp dan lainnya," kata Manager Communication dan CSR MOR VII Sulawesi, Hatim Ilwan, Kamis.

Pelatihan dengan tema Strategi Digital Marketing bekerja sama dengan Human Initiative Sulsel.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Cabang Human Initiative Sulsel Indra Budi Legowo. Selain itu, beberapa praktisi dalam acara tersebut berbagi tips dan trik diantaranya para spesialis di bidang Digital Marketing dan Profesional Trainer UKM.

Para pelaku UMKM dari berbagai sektor seperti jasa, kuliner, perdangan dan industri kreatif yang aktif dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Dalam perkembangannya, industri saat ini tidak lagi hanya pasar offline atau dengan hanya cara-cara konvensional, tapi harus lebih inovatif agar dapat meningkatkan perusahaan," ujarnya.

Sementara Indra Budi Legowo mengharapkan kegiatan ini menjadi ajang optimalisasi dan bisa di aplikasikan tiap pelaku UMKM mitra binaan dalam mempromosikan produk ke depan.

"Harapannnya agar jangkauan bisa lebih luas atau mungkin bisa sampai ke luar negeri tentu dengan kualitas produk yang baik," ujarnya.

Bagi para pelaku UMKM yang memiliki rencana pengembangan usaha yang ada saat ini, Pertamina membuka kesempatan besar untuk maju berkembang bersama melalui Program Kemitraan. Informasi mengenai Program Dana Bergulir untuk pengembangan usaha ini dapat diperoleh melalui www.pertamina.com/id/pkbl
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar