Presiden Filipina Rodrigo Duterte resmi buka SEA Games 2019

id sea games 2019,rodrigo duterte,pembukaan sea games

Presiden Filipina Rodrigo Duterte resmi buka SEA Games 2019

Kontingen Indonesia melakukan defile dalam pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.

Saya nyatakan dibuka SEA Games ke-30, merayakan pesta olahraga Asia Tenggara. Mabuhay kayong lahat
Manila, Filipina (ANTARA) - Presiden Filipina Rodrigo Duterte secara resmi membuka perhelatan olahraga terakbar di Asia Tenggara, SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu.

Dengan 530 cabang olahraga yang digelar di enam provinsi dan kota, SEA Games 2019 diharapkan menjadi yang terbesar di sepanjang sejarah ajang dua tahunan itu meski panitia penyelenggara didera berita tak sedap soal kurangnya persiapan, tertundanya pembangunan arena, hingga akomodasi media dan atlet yang jauh dari ekspektasi.

"Saya nyatakan dibuka SEA Games ke-30, merayakan pesta olahraga Asia Tenggara. Mabuhay kayong lahat," kata Duterte

Penyanyi Lani Misalucha mengawali upacara pembukaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Filipina yang diikuti oleh serangkaian penampilan tari yang menjadi identitas sejumlah daerah di Filipina.

Berikutnya, ribuan atlet dan ofisial memasuki stadion berkapasitas 55.000 bangku, yang tidak terisi penuh malam itu, lewat defile yang dimulai dari kontingen Brunei Darussalam. Sultan Brunei Hassanal Bolkiah turut menghadiri upacara pembukaan tersebut mendampingi Presiden Duterte di bangku VVIP.

Kontingen Indonesia menjadi yang ketiga memasuki stadion, setelah Kamboja.

Atlet polo air putra Ridjkie Mulia yang mengenakan penutup kepala khas Papua dimandati menjadi pembawa Sang Saka Merah Putih memimpin defile para atlet dan ofisial yang sebagian mengenakan baju adat dari berbagai wilayah di Indonesia.



Lea Salonga absen

Diva Filipina Lea Salonga, yang tadinya akan menyanyikan lagu resmi SEA Games 2019 "We Win As One" menarik diri dari upacara pembukaan karena sudah memiliki agenda sendiri di hari yang sama untuk menghadiri pertunjukan musikal Sweeney Todd.

Sebagai gantinya, Lani Misalucha bergabung dengan 10 penyanyi lainnya dari Filipina, merepresentasikan 11 negara partisipan, membawakan lagu We Win As One.

Para penyanyi itu adalah Robert Sena, Aicelle Santos, Jed Madela, Anna Fegi, Christian Bautista, KZ Tandingan, the TNT Boys, Inigo Pascual, Elmo Magalona dan Arnel Pineda yang juga akan tampil bareng apl.de.p dari Black Eyed Peas di upacara penutupan nanti pada 11 Desember.

Petinju profesional tersukses Filipina Manny Pacquiao dan petinju amatir Nesty Petecio memegang obor bersama dan menyalakan kaldron dengan latar lagu We Win As One sebelum disambut pesta kembang api yang mengakhiri upacara pembukaan hari itu.

Tiket Gratis

Media setempat melaporkan jika panitia membagikan sejumlah tiket gratis kepada pelajar dari sekolah-sekolah yang berada di sekitar stadion untuk meramaikan upacara pembukaan itu.

Sementara tiket untuk umum dijual mulai 1000 peso filipina (sekitar Rp277 ribu) dan harga termahal yaitu 12 ribu peso (Rp3,3 juta).

Sejumlah awak media yang tidak kebagian slot untuk meliput upacara pembukaan pun harus membeli tiket untuk melakukan peliputan dari tribun penonton.
 
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar