Sulbar bangun infrastruktur di kawasan transmigran Mamuju Tengah

id muhammad idris,sekprov sulbar,serahkan transmigran

Sulbar bangun infrastruktur di kawasan transmigran Mamuju Tengah

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris. (ANTARA/HO-Humas Provinsi Sulbar)

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun infrastruktur di kawasan transmigrasi di Kabupaten Mamuju Tengah sehingga transmigran betah dan tidak merasa asing tinggal di daerah itu.

"Kita akan bangun infrastruktur jalan, listrik termasuk telekomunikasi di unit pemukiman transmigrasi di Desa Saluandeang, Kabupaten Mamuju Tengah sehingga warga transmigran tidak merasa asing di tempat baru mereka," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris di Mamuju, Rabu.

Sebanyak 70 keluarga atau sekitar 226 transmigran dari tujuh provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, dan Bandar Lampung tiba di Kabupaten Mamuju pada Senin (2/12).

Kedatangan transmigran tersebut disambut Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar di gedung Basarnas Sulbar di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Pada Selasa (3/12), para transmigran tersebut diserahkan secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris kepada Bupati Mamuju Tengah Aras Tammauni.

Idris mengatakan suasana alam Desa Saluandeang mendukung dan menjanjikan kehidupan yang lebih baik bagi para warga transmigrasi.

Ia mengemukakan pentingnya perubahan pola pikir bagi para warga transmigrasi yang menjadi salah satu tujuan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten setempat sehingga terwujud peningkatan SDM yang diharapkan bersama.

"Program pemerintah daerah tidak hanya memindahkan warga masyarakat transmigrasi ke tempat baru, tetapi pemerintah juga harus bisa menjamin adanya produktivitas yang baru muncul," ujarnya.

Pemprov Sulbar juga akan menurunkan tim dari Kementerian Agama untuk melakukan pendampingan membangun mental dan karakter warga baru sehingga mereka tidak merasa asing di daerah tersebut.

"Dan diharapkan mereka bisa lebih cepat berinteraksi dengan alamnya serta dengan warga Desa Saluandeang," kata Muhammad Idris.

Ia juga menyampaikan bahwa bantuan kepada warga transmigrasi akan mengalir terus apalagi hal tersebut menjadi perhatian Kementerian Transmigrasi dan pemda.

"Hal ini juga merupakan komitmen bagi Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju Tengah untuk terus berkontribusi konkret terhadap warga transmigrasi," ujar Muhammad Idris.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar