Lantamal VI Siapkan Kapal Kapasitas 500 Penumpang

id lantamal vi makassar, kri teluk sampit, arus mudik lebaran

Makassar (ANTARA News) - Danlatamal VI Brigjen Marinir Chaedir Pattonory menyatakan TNI Angkatan Laut telah menyiapkan KRI Teluk Sampit sebagai salah satu kapal yang siap mendukung armada PT Pelni jika terjadi lonjakan arus mudik, dengan kapasitas 500 penumpang.

"Kapal ini adalah salah satu kapal yang kami istilahkan 'stand by' untuk mendukung transportasi lebaran," ujarnya di Makassar, Rabu, usai memperlihatkan KRI Teluk Sampit kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di dermaga markas besar Lantamal VI.

Ia mengatakan, kapal yang disiapkan pihaknya ini siap melayani rute transportasi yang ada di wilayah kerja Lantamal VI yang terdiri atas tujuh provinsi di Kalimantan dan Sulawesi.

Ia berharap, hingga kapal terakhir malam ini yang masuk ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar yang membawa pemudik dari Pelabuhan Tanjung Priok tetap normal.

Menurutnya, kapal ini dapat menampung hingga sekitar 500 penumpang. "Jika kebutuhan daya tampungnya lebih kecil dari itu, kami sesuaikan dengan menyiapkan kapal yang lebih kecil," jelasnya.

Ia menambahkan, penumpang yang naik di atas kapal TNI AL tidak dikenakan biaya perjalanan dan hanya perlu mengganti biaya konsumsi selama di atas kapal senilai Rp45 ribu per hari.

Selain untuk mendukung transportasi lebaran kapal ini juga akan bertolak ke perairan Sulawesi Tenggara untuk mengawasi dan mengamankan terhadap tindakan penangkapan ikan ilegal dan pelanggaran perairan lainnya.

Gubernur Sulsel mengatakan kehadiran kapal ini merupakan bukti komitmen berdasarkan hasil rapat musyawarah pimpinan daerah terkait kesiapan transportasi menghadapi lebaran.

Ia mengaku, hanya khawatir dengan jumlah pemudik yang melebihi kapasitas kapal dan meminta bantuan Lantamal VI untuk ikut terlibat memeriksa kemungkinan tersebut.

"Saya akan cek kekurangan-kekurangan yang terjadi pada arus mudik dan balik," ujarnya.
(T.KR-RY/B012) 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar