KPU Matra Pastikan Agus Dilantik Jadi Bupati

id kpu matra, pelantikan bupati matra, agus ambo djiwa

Mamuju (ANTARA News) - KPU Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat memastikan Agus Ambo Djiwa dan Muhammad Saal, akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Matra periode 2010-2015.

Ketua KPU Kabupaten Matra, Yusri, di Mamuju, Selasa, mengatakan, pasangan Agus Ambo Djiwa dan Muhammad Saal dipastikan akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Utara, setelah gugatan pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) pasangan Abdullah Rasyid dan AM Bahtiar Syam ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia mengatakan, MK menolak gugatan pasangan Abdullah Rasyid dan AM Bahtiar Syam dengan keputusan No159/PHPU.D.V111/2010 karena gugatannya mengenai sengketa hasil Pilkada yang diajukan di MK terkait pelanggaran pilkada Matra tidak terbukti.

"Pokok permohonan Abdullah Rasyid dan Bahtiar Syam sebagai pemohon sengketa pilkada Matra tidak terbukti menurut hukum, sesuai keputusan Ketua MK, M Mahfud MD saat membacakan putusan di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pilkada Matra di MK di Jakarta," katanya.

Menurut dia, MK menolak gugatan pasangan cabup dan cawabup tersebut karena dalil-dalil permohonan mereka tidak berdasar dan tidak beralasan hukum sehingga harus dikesampingkan sesuai fakta-fakta di persidangan, dalil hukum mereka dianggap asumsi sehingga dikesampingkan MK.

"Permintaan Abdullah Rasyid dan AM Bahtiar Syam kepada MK untuk melakukan pemungutan ulang dan mendiskualifikasi pasangan H Agus Ambo Djiwa-Muhammad Saal karena telah melakukan kecurangan selama penyelenggaraan Pilkada dengan melakukan politik uang tidak terbukti," katanya.

Begitu juga dengan gugatannya soal adanya intimidasi serta terdapat kesalahan dalam penghitungan perolehan suara para pasangan calon di KPU Matra dengan selisih 5.908 suara yang berakibat merugikan pasangan Abdullah Rasyid dan Bahtiar Syam, juga tidak terbukti.

Oleh karena itu ia mengatakan, dengan ditolaknya gugatan Abdullah Rasyid dan Bahtiar Syam di MK, maka pasangan Agus Ambo Djiwa dinyatakan sebagai pemenang pilkada Matra dan pasangan tersebut dipastikan akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Matra periode 2010-2015.

Pasangan Agus Ambo Djiwa dan Muhammad Saal, sebelumnya dinyatakan KPU Matra menjadi pemenang pilkada Matra dengan perolehan suara sekitar 43.174 Suara atau 61,79 persen disusul pasangan Abdullah Rasyid dan Bahtiar Syam dengan perolehan 22.354 suara 31,99 persen. 
(T.KR-MFH/F003) 
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar