Warga Berharap Kelanjutan Pembangunan Chek-Dam

id chek-dam, kali way membawang, nusaniwe ambon

Ambon (ANTARA News) - Warga berharap pekerjaan pembangunan chek-dam kali Way Membawang di Dusun Westopong, Desa Amahusu, Kecamatana Nusaniwe, Ambon segera dilanjutkan pihak pelaksana Kontraktor CV Jecfensi Pratama.

"Kami akan mendapatkan ancaman tanah lonsor yang lebih besar lagi apabila pekerjaan chek dam dan pemasangan bronjong untuk mengantisipasi terjadinya lonsoran kecil saat hujan turun belum dapat dilajutkan, apalagi hujan yang turun sepanjang hari sangat lebat" kata H Silooy kepada ANTARA di Ambon, Senin.

Dia menjelaskan, setiap turun hujan baik siang maupun malam hari masyarakat selalu waspada, dengan mendatangi kali Burbawang untuk melihat kondisi yang terjadi.

Sedangkan pihak Kontraktor CV.Jecfensi Pratama sudah bersedia untuk melanjutkan pembangunan chek-dam dan pemasangan bronjong kali Way Burbawang setelah penyelesaian masalah ganti rugi tanah tuntas pada 5 Me1 2011, namun hingga kini belum dilaksanakan.

Memang pada saat penyelesaian masalah ganti rugi tanah ada penambahan volume pekerjaan atas permintaan Pimpinan Satuan Kerja (Satker) dari Balai Sungai Maluku, Ir.Tahit. M.M, saat melakukan pemantauan ke lokasi proyek awal Mei lalu, yakni penambahan dua unit chek dam lagi, karena kondisi kali Way Burbawang sudah rusak parah sehingga harus dibangun tiga unit chek dam.

Selain itu sebagian alur sungai yang sudah dinormalisasi perlu dipasang bronjong untuk mengantisipasi terjadinya lonsoran kecil saat hujan turun.

M.Paliama, Pimpinan Kegiatan, Pengembangan, Pengelolaan Konservasi,Sungai, Waduk, Danau dan Sumber Air (PPK-PKSPA) Maluku, yang dihubungi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kontraktor untuk memintakan pekerjaan tersebut segera dilanjutkan.

Informasi yang saya dapat dari pihak Kontraktor kalau tidak ada rintangan, Selasa (24/5),alat berat berupa eksafator sudah bisa berada dilokasi untuk melanjutkan pekerjaan tersebut.

Paliama menambahkan, di Kota Ambon alat berat berupa eksafator masih minim, sedangkan selama turun hujan banyak lonsoran yang terjadi dimana - mana yang turut memperhambat sejumlah proyek yang harus menggunakan alat berat. (T.KR-IVA/M019) 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar